Malang, 1 Agustus 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di tingkat sekolah dasar, peneliti Farrasatuz Zakiyya, dengan bimbingan dari Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd. dan Moh. Fery Fauzi, S.Pd., M.Pd.I., telah berhasil mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis Canva. Penelitian ini dilakukan di SDIT Harapan Ummat Ngawi, khususnya untuk siswa kelas IV, dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran yang efektif dan menarik untuk mempermudah siswa dalam mempelajari kosakata bahasa Arab.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang menghasilkan produk “Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva”. Media ini dirancang sebagai alat bantu belajar yang tidak hanya memotivasi siswa tetapi juga memudahkan mereka dalam memperkaya kosakata bahasa Arab. Implementasi media ini dilakukan pada 20 siswa kelas IV dan hasilnya sangat positif, baik dari segi validitas maupun respon pengguna. Ahli media dan ahli materi memberikan nilai tinggi terhadap produk ini, dengan skor 90% untuk validitas media dan 95% untuk validitas materi.

Selain validitas yang tinggi, implementasi di kelas juga mendapatkan respon yang sangat positif dari siswa dan guru. Seluruh siswa memberikan respon positif dengan skor 100%, begitu juga dengan para guru. “Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva telah menunjukkan dampak positif yang signifikan dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab untuk siswa kelas IV SDIT Harapan Ummat Ngawi,” ungkap Farrasatuz Zakiyya.

Salah satu guru yang terlibat dalam penelitian, Bapak Sumarno, menyatakan, “Saya sangat terkesan dengan antusiasme siswa. Fitur game dalam media ini benar-benar mengubah dinamika kelas. Siswa yang biasanya pasif menjadi lebih aktif dan bersemangat untuk belajar.”

Desain media yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa menjadi kunci keberhasilan dari media ini. “Kami memadukan elemen visual yang menarik dengan konten edukatif. Hasilnya, siswa belajar tanpa merasa terbebani,” jelas Farrasatuz.

Keberhasilan pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kosakata bahasa Arab di sekolah dasar, serta memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pendidikan bahasa Arab di Indonesia. Dedikasi Farrasatuz Zakiyya dalam menghadapi tantangan pengembangan media ini justru semakin memotivasi dirinya untuk terus berkarya dan mendorong kemajuan dalam pengajaran bahasa Arab di sekolah dasar.