TAHAP I

DAFTAR JUDUL DAN DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

JURUSAN SASTRA ARAB, FAKULTAS SASTRA, UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)

 

MAHASISWA ANGKATAN 2018

NO NAMA NAMA PEMBIMBING JUDUL SKRIPSI KET
   1. Agyl Yuni Arifin Dr. Moh. Khasairi, M.Pd Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Kartu Kata dan Teka Teki Silang pada Siswa SMP Kelas 9 di SMP Darul Quran
   2. Aisyah Rizkyana Ramadhani Dr. Muhammad Alfan, M.Pd Efektivitas Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Maharah Kalam Siswa MTS Wahid Hasyim Kunir Masa Pembelajaran Daring
   3. Albila Nurfadilah Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum. Analisis Struktural dan Semiotik Roland Barthes dalam Cerita Pendek Qalbun Hajar  Karya Muna Abduh  Iraqi Hasan
   4. Difla Nur Imtiyas Dr. Kholisin, M.Hum Analisis Perubahan Bunyi Bahasa Arab Fusha ke Bahasa Arab ‘Amiyah dialek Mesir dalam lagu Albi Nadak karya Amal Hijazi
   5. Fidiatun Ratu Nabillah Dr. Muhammad Alfan, M.Pd Implementasi Strategi Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Maharah Kitabah Siswa Kelas VIII Di MTsN 1 Kota Bima 2016
   6. Harum Masitoh Dr. Achmad Sultoni, M.Pd.I Pengaruh Self Efficacy dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Maharah Kalam Siswa Kela XI MAN 2 Tulungagung
   7. Isnaynih Safira Putri Ali Ma’sum, S.Pd.,M.A. Penerapan Metode Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyyah Kelas III Di Desa Sari
   8. Muhammad Arif Setiawan Laily Maziyha, S.Pd.,M.Pd Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Menggunaan Media Kartu Kata Kelas XI SMA Darul Qur’an Singosari Malang
   9. Muhammad Fajrul Jaabir Dr. Ahmad Munjin Nasih, M.Ag Pemanfaatan Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca Bagi Siswa Kelas VII Di SMP Darul Qur’an Singosari Malang
10. Nahdah Arifatus Sholihah Dr. Irhamni, M.Pd Proses Penerjemahan dalam Tugas Mata Kuliah Latihan Penerjemahan Mahasiswa Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang 2018
11. Nailufar Zahiroh Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum Penggunaan Permainan Scrabbel Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTsN 1 Banyuwangi
12. Sita Rinandi Fatimah Dr. Nurhidayati, M.Pd Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Game Puzzle Untuk Peningkatan Kemahiran Membaca Siswa Kelas V SDN Sambangan
13. Sri Nurul Aminah Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum Arudh dalam Qasidah Khida’u Al Amani Karya Abu Al Atahiyah
14. Wasiatur Rizqiyah Prof. Dr. Yusuf Hanafi, M.Fil.I Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Permainan My Happy Route dalam Dirasah Nahwiyah Kelas X IPS MA Al-Hikmah Bangil
15. Yuliana Qurrotul Aini Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd Pengaruh Model Pembelajaran Tebak Kata Terhadap Siswa Dalam Menghafal Mufradat Bahasa Arab Di MTs Wahid Hasyim Kunir
16. Abd. Hamid Ghufron Dr. Moh. Khasairi, M.Pd Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Untuk Kelas X SMA Darul Qur’an Singosari Malang
17. Adin Mulia Kusumaningrum Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum. Efektivitas Permainan Bisik Berantai Untuk Meningkatkan Kemahiran Menyimak Bahasa Arab Siswa Kelas V MIN 3 Pacitan
18. Ahmad Zainun ‘Amali Alfirdaus Laily Maziyah, S.Pd.,M.Pd Penggunaan Model Halaqah I’dadiyah dalam Pembelajaran Tathbiq Nahwi di Pondok Pesantren Masjid Agung Jami’ Kota Malang
19. Aida Lutfi Azzahroh Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Kelas X A Di SMA Babul Khairot
20. Aisyah Cahyani Dr. Kholisin, M.Hum Arabic Vocabularry: Konsep Aplikasi Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab
21. Alfianti Amelia Dr. A. Munjin Nasih, M.Ag. Pengembangan Media Gambar Pembelajaran Berbasis Buku Pendamping 3 Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Anak TK/TPQ
22. Anis Habibatur Rochmah Dr. Moch. Wahib Dariyadi, M.Pd. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Video Animasi Plotagon Story untuk Kelas VIII MTs NU Walisongo Sidoarjo
23. Aulia Hima Hudiya Dr. Achmad Sultoni, M.Pd.I Pengaruh Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Maharah Kalam Kelas IV Di SD Muhammadiyah 4 Malang
24. Aulia Tazqiatul Ummah Dr. A. Munjin Nasih, M.Ag. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di SMP Muhammadiyah 2 Malang
25. Dewi Robi`Atul Adawiyah Dr. Ibnu Samsul Huda, M.A. Metode Penerjemahan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang
26. Dian Puspitasari Dr. A. Munjin Nasih, M.Ag. Penggunaan Metode Think Pair Share  (TPS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN Kota Batu
27. Farha Salsabila Rahma Achmad Tohe, M.A.,Ph.D Metode Pembelajaran Guru dalam Bahasa Arab Secara Daring di MAN 2 Kota Malang
28. Kharisma Adi Ratna
29. Khoirotun Nadziroh Dr. Ibnu Samsul Huda, M.A. Model Pembelajaran Arab Pegon di Pondok Pesantren Subulas Salam Wonosari Malang
30. Khurratul A`Yuni Dr. Ibnu Samsul Huda, M.A. Polisemi Kata العين   Dalam Al-Qur’an Surah Al-Balad:8 Dengan Surah Ar-Rahman:66
31. Nadya Amri Fauzie Dr. Kholisin, M.Hum Problematika Penggunaan Bahasa Arab Amiyah Mahasiswa Bahasa Arab (Studi Kasus Di Prodi PBA Universitas Negeri Semarang Dan Universitas Negeri Malang)
32. Nur Azizah Arfiani Dr. Irhamni, M.Pd Pemanfaatan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Taman Kanak-Kanak
33. Nur Fauziah Masri Dr. Lilik Nur Kholidah, M.Ag Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Daring (Dalam Jaringan) di MTS Al-Ikhlas Kota Bontang
34. Nurotu Halimatus Sya’diyah Dr. Nurhidayati, M.Pd Pengembangan Media Audio Visual Berupa Video Animasi  Untuk Meningkatkan  Kemampuan Bahasa Arab Maharoh Qiroah Madrasah Tsanawiyah Kelas Vii
35. Nurul Filzahtul Kholidiyah Prof. Dr. Yusuf Hanafi, M.Fil.I Pemanfaatan Media Gambar Untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab
36. Syarif Husein Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd تكوين البيئة العربية في معهد باب الخيرات مالانج
37. Abdur Rahman Frima Dr. Moh. Khasairi, M.Pd Pengembangan Buku Pembelajaran Nahwu Untuk Kelas 2 Idaman SMA An-Nur Bululawang Malang
38. Achmad Arisy Habibullah Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd Pengembangan Media Teka-Teki Silang Untuk Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Berbasis Kitab Madârij Al-Durûs Al-‘Arabiyyah Jilid III
39. Ahmad Abdullah Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd Pengembangan Media Teka-Teki Silang Untuk Penguasaan Kosakata Kitab Madarij Al-Duruus Al-Arabiyah Jilid IV Di Pesantren Ilmu Al-Qur’an Singasari Malang
40. Ahmad Ali Fahmi Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd Pengembangan Media Teka-Teki Silang Untuk Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Berbasis Kitab Madarij Addurus Al Arabiyyah Jilid 2
41. Ainun Jariyah Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd Modifikasi Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Kelas V Sd Muhammadiyah 1 Babat
42. Anggun Milenia Rahman Ali Ma’sum, S.Pd.,M.A. Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII Di Mts Al-Ikhlas

Kota Bontang Kalimantan Timur

43. Aufa Zaki Abrar Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X SMAIT Nurul Ilmi Tenggarong
44. Bagas Ady Putra Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd Pengembangan Media Pembelajaran Video Motion Graphic Dalam Pembelajaran Nahwu Shorof Untuk Siswa Kelas VII MTs
45. Fitrotul Ulya Laily Maziyah, S.Pd.,M.Pd Pembelajaran Nahwu Shorof Dengan Menggunakan Metode Amtsilati Di SMA Islam Nusantara Tengguli Bangsri Jepara
46. Hesty Kusuma Dewi Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd Pengembangan Permainan Kartu Remi Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah
47. Khamilatul Zahro Dr. Muhammad Alfan, M.Pd Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Alam MI Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen
48. Kurniawati Aprilia Rusdiana Putri Dr. Nurhidayati, M.Pd Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas VI MI Fastabiqul Khoirot Trenggalek Tahun Akademik 2021/2022
49. Lailana Aulia Rahmah Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd Pengembangan Media Podcast Pada Aplikasi Spotify Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Maharah Istima’ Pada Mahasiswa Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang
50. Lulu’ Fatiah Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd Penggunaan Media Lagu Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs. KH.Munir Sa’id.
51. Mirza Ghulam Maula Dr. Ibnu Samsul Huda, M.A. Analisis Tokoh Penokohan Dalam Cerpen Wajhul Haqiqoh Karya Taufik Hakim 2017
52. Mohammad Nasih Al Hashas Dr. Irhamni, M.Pd Strategi Penerjemahan Arab-Indonesia: Studi Kasus Penambahan Dalam Penerjemahan Kitab Syarah Waroqot Karya Imam Haromain
53. Muhammad Ahsan Thoriq Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd تطوير الكتاب التفاعلي بنهج فلكلور مماجاه كوسائط تعليم اللغة العربية في المدرسة الثانوية الحكومية الأولى سومنب
54. Muhammad An Naufar Prastyo Dr. Kholisin, M.Hum Penerapan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Metode Langsung Pada Masa Pandemi Di Pondok Pesantren Al Iman Ponorogo
55. Nurul Fitria Dr. Moh. Khasairi, M.Pd Penerapan Metode Istiqroiyah Dalam Pembelajaran Nahwu Di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang
56. Siska Nanda Safitri Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd Pengembangan Media Teka-Teki Silang Untuk Penguasaan Kosakata Kitab Madarij Al-Duruus Al-Arabiyah Jilid I di SD Islam Nurul Izzah Kota Malang
57. Syafraini Dr. Muhammad Alfan, M.Pd Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas X MAN 1 Kota Bima
58. Syarifuddin Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd Penggunaan Media Kertas Origami  Sebagai Upaya Peningkatan Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas III ( Tiga ) SDIT Ulul Albab Kota Tarakan

 

59. Ulya Hamidatu Nadia Ali Ma’sum, S.Pd.,M.A. Pengembangan Ensiklopedia Digital Maharah Istima Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah
60. Uzlifatul Jannah Dr. Ahmad Munjin Nasih, M.Ag Penerapan Metode Langsung Dalam Pembelajaran Bilingual Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 2017
61. Viar Aprila Carieska Dr. Nurhidayati, M.Pd Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas Xii SMA Darul Qur’an Singosari Malang

 

Catatan:

  1. Bagi mahasiswa yang belum mengumpulkan judul/judulnya belum disetujui oleh jurusan, dimohon segera mengumpulkan judul ke jurusan (sekjur).
  2. Bagi mahasiswa yang sudah ditentukan judul dan pembimbingnya, dimohon untuk segera menemui dosen pembimbing untuk berkonsultasi.
  3. Bagi mahasiswa yang judulnya mengalami perubahan setelah dikonsultasikan dengan pembimbing, maka diharapkan memberitahukan perubahan judul tersebut ke jurusan (sekjur).
  4. Mahasiswa diminta segera menyiapkan draf proposal skripsi dan menkonsultasikannya kepada pembimbing untuk mendapatkan persetujuan (acc) untuk pelaksanaan seminar proposal skripsi.

Malang, 15 Juni 2021

Ketua Jurusan Sastra Arab,

 

Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum

NIP 19740427 199803 2 002