DESKRIPSI MATAKULIAH

PROGRAM STUDI SARJANA PENDIDIKAN BAHASA ARAB

                                                                                                      

  1. MATAKULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK)

 

UMPK601 Pendidikan Agama Islam, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama Islam. Topik bahasannya meliputi: (1) konsep ketuhanan dalam Islam, (2) hakekat manusia menurut Islam, (3) hukum, hak asasi manusia, dan demokrasi dalam Islam, (4) etika, moral, dan akhlak, (5) ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam Islam, (6) kerukunan antarumat beragama, (7) masyarakat madani dan kesejah­teraan umat, dan (8) kebudayaan Islam dan sistem politik Islam. Kegiatan: ceramah, diskusi, observasi, dan presentasi.

 

UMPK606 Pendidikan Pancasila, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa memiliki pengetahuan dan memahami landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, memahami Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, memahami Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan dan ke­negaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pan­casila. Topik bahasannya meliputi: (1) landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, (2) sejarah paham kebangsaan Indonesia, (3) Pancasila sebagai sistem filsafat, (4) Pancasila sebagai sistem etika politik, (5) Pancasila sebagai idiologi, (6) Pancasila dalam konteks kenegaraan RI, dan (7) Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kegiatan: ceramah, diskusi, dan presentasi.

 

UMPK607 Pendidikan Kewarganegaraan, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa memiliki pengetahuan dan kesadaran akan hak dan kewajiban bela negara. Topik bahasannya meliputi: (1) pendahuluan, (2) wawasan nusantara, (3) ketahanan nasional dan bela negara, dan (4) politik nasional dan strategi nasional. Kegiatan: ceramah, diskusi, dan presentasi.

 

UMPK608 Bahasa Indonesia Keilmuan, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa mampu menggunakan bahasa Indonesia dalam karya ilmiah. Topik bahasannya meliputi: (1) wawasan bahasa Indonesia, yang lebih rinci mencakup (a) sejarah bahasa Indonesia dan sikap bahasa, (b) kata dan bentukannya, (c) kalimat efektif, dan (d) paragraf; (2) unsur mekanis/teknis dalam bentuk menulis karya ilmiah, yang secara lebih rinci mencakup (a) teknik perekaman, (b) teknik merujuk, (c) teknik pengetikan, (d) teknik penulisan tabel, diagram, gambar dan sejenisnya, (e) penerapan tanda baca, (f) penulisan huruf dan kata; (3)  penyuntingan hasil menulis, yang secara lebih rinci mencakup (a) penyuntingan isi, (b) penyuntingan penataan sistematika/organisasi, (c) penyun­tingan penggunaan unsur kebahasaan, (d) penyuntingan penerapan ejaan dan tanda baca, dan (4) unsur isi, yang lebih rinci mencakup (a) topik, tema, judul, masalah, (b) uraian latar belakang, (c) rumusan isi masalah dan tujuan, (d) isi dan teknik uraian bahasa, (e) isi dan teknik uraian penutup. Kegiatan: ceramah, diskusi, penulisan karya ilmiah, dan presentasi.

 

  1. MATAKULIAH KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (MKK)

 

FSAS601 Pengantar Filsafat Ilmu, 2 sks,2 js.

Mahasiswa memahami konsep dan terampil berfikir secara filosofis. Topik bahasannya meliputi: dasar-dasar filsafat; hubungan filsafat dan ilmu; aspek ontologi, epistimologi, dan axiologi ilmu; posisi logika, etika dan estetika dalam ilmu; perkembangan paradigma dalam ilmu sosial dan humaniora; Ilmuan dan tanggung jawab sosial. Kegiatan: ceramah, diskusi, dan presentasi.

 

UMKK601 Pengantar Pendidikan, 3 sks, 3 js.

Mahasiswa memahami hakikat pendidikan dan terampil menganalisis masalah-masalah kependidikan. Topik bahasannya meliputi: manusia dan perkembangannya, pengertian dan unsur-unsur pendidikan, landasan dan asas-asas pendidikan, serta penerapannya, masyarakat masa depan, lingkungan pendidikan, aliran-aliran pendidikan, permasalahan pendidikan, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan pembangunan nasional. Kegiatan: ceramah, diskusi, observasi, dan presentasi.

 

UMKK602 Perkembangan Peserta Didik, 3 sks, 3 js.

Mahasiswa memahami hakikat dan mampu menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan perkembangan peserta didik. Topik bahasannya meliputi karakteristik dan perbedaan individu peserta didik pada usia sekolah dasar dan menengah, perkembangan psikologi peserta didik, kebutuhan dan tugas-tugas peserta didik, penyesuaian diri peserta didik, dan problema pengembangan peserta didik dan pemecahannya. Kegiatan: ceramah, diskusi, observasi, dan presentasi.

 

UMKK603 Belajar dan Pembelajaran, 4 sks, 4 js.

Mahasiswa memahami dan mampu menerapkan konsep belajar dan pembelajaran. Topik bahasannya meliputi hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip-prinsip belajar dan implikasinya, dasar-dasar pengembangan kurikulum, motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran, dan problema belajar dan pemecahannya. Kegiatan: ceramah, diskusi, observasi, dan presentasi.

 

  1. MATAKULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB)

 

PARA601 Ilmu Lughah, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa menguasai teori dan mampu menerapkan, menganalisis, serta mengambil keputusan secara bertanggung jawab dalam bidang dasar-dasar ilmu kebahasaan. Topik bahasannya meliputi: pengertian, karakteristik dan fungsi bahasa; pembidangan dalam kajian bahasa; aliran-aliran linguistik Arab dan linguistik pada umumnya; hasil-hasil penelitian kebahasaan; sistematika telaah kebahasaan. Kegiatan: ceramah, diskusi, observasi, dan presentasi.

 

 

PARA602 Ilmu Ashwat, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa menguasai teori dan mampu menerapkan, menganalisis, serta mengambil keputusan secara bertanggung jawab dalam bidang ilmu ashwat. Topik bahasannya meliputi: (1) bahasa sebagai sistem bunyi, (2) dasar-dasar telaah bunyi bahasa, (3) alat ucap dan produksi bunyi, (4) fonetik dan fonemik, dan (5) problematika bunyi bahasa Arab. Kegiatan: ceramah, diskusi, observasi, dan presentasi.

 

PARA603 Ilmu Dilalah, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa menguasai teori dan mampu menerapkan, menganalisis, serta mengambil keputusan secara bertanggung jawab dalam bidang ilmu dilalah. Topik  bahasannya meliputi: ragam, relasi dan perubahan makna, ungkapan dalam bahasa Arab, dan kaitannya dengan gejala kehidupan sosial budaya. Kegiatan: ceramah, diskusi, observasi, dan presentasi.

 

PARA604 Tathbiq Sharfi I, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa menguasai teori dan mampu menerapkan, menganalisis, serta mengambil keputusan secara bertanggung jawab dalam bidang tathbiq sharfi I. Topik bahasannya meliputi: al kalimat al-Arabiyyah, awzan ash sharfi, anwa’ al af’al wal asma:’ . Kegiatan: ceramah, diskusi, observasi, menghafal dan presentasi.

 

PARA605 Tathbiq Sharfi II, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa menguasai teori dan mampu menerapkan, menganalisis, serta mengambil keputusan secara bertanggung jawab dalam bidang tathbiq sharfi II. Topik bahasannya meliputi: tashrif al af’al wal asma’, al-i’lal,  al- ibdal,  an-nasab, at-tashghir, al-idqham. Kegiatan: ceramah, diskusi, observasi, menghafal dan presentasi.

 

PARA606 Tathbiq Nahwi I, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa menguasai teori dan mampu menerapkan, menganalisis, serta mengambil keputusan secara bertanggung jawab dalam bidang nahwu I. Topik bahasannya meliputi: jumlah ismiyah, jumlah fi’liyyah, I’rab dan bina’, anwa’ al I’rab, tarkib washfi wa idhafi, mabniya:t min al-asma:’ wal af’a:l, wa an-nawasikh. Kegiatan: ceramah, diskusi, observasi, menghafal dan presentasi.

 

PARA607 Tathbiq Nahwi II, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa menguasai teori dan mampu menerapkan, menganalisis, serta mengambil keputusan secara bertanggung jawab dalam bidang nahwu II. Topik bahasannya meliputi: I’rab al-af’al, manshubat al asma’, tarkib ‘adadi, a’ma:l al-musytaqqa:t, tarkib ta’ajjubi, isti’mal ism tafdhil. Kegiatan: ceramah, diskusi, observasi, menghafal dan presentasi.

 

PARA608 Qawa’id Syamilah, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa menguasai teori dan mampu menerapkan, menganalisis, serta mengambil keputusan secara bertanggung jawab dalam bidang qawa’id syamilah.  Topik bahasannya meliputi pembacaan teks sesuai kaidah nahwu, sharf, dan ma’ani,  analisis teks berdasarkan kaidah nahwu, sharf, dan ma’ani, penggalian pesan teks sesuai kaidah nahwu, sharf, dan ma’ani. Kegiatan: ceramah, diskusi, observasi, menghafal kaidah qawaid syamilah dan presentasi.

 

PARA609 Tarikh Adab, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa dapat memahami konsep teoretis sastra  Arab dan sejarah perkembangannya dari waktu ke waktu, serta dapat menjelaskan secara kreatif dan ilmiah. Pokok bahasan meliputi pengertian sastra Arab, jenis-jenis dan tujuannya, periodisasi sastra Arab dan karakteristiknya serta tokoh-tokoh dan karyanya. Kegiatan: eksplorasi dan presentasi.

 

PARA610 Balaghah I, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa menguasai konsep teoretis ilmu Ma’ani, menganalisis teks, dan menerapkannya secara produktif sesuai dengan teori. Pokok Bahasan meliputi balaghah dan fashahah, kalam khabar dan kalam insya’, fashal dan washal, qashr, ijaz, ithnab, dan musawah, serta ekuivalensi ma’ani dan pragmatik. Kegiatan: menganalisis dan membuat kalimat berdasarkan teori, serta display produk.

 

PARA611, Balaghah II, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa menguasai konsep teoretis ilmu bayan dan badi’, menganalisis teks, dan menerapkannya secara produktif sesuai dengan teori. Pokok Bahasan meliputi tasybih, majaz, kinayah, muhassinat lafdhiyyah, muhassinat ma’nawiyyah, dan ekuivalensi stilistika Arab dan non Arab. Kegiatan:  menganalisis dan membuat kalimat berdasarkan teori, serta display produk.

 

PARA612 Dirasah Natsriyah, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa dapat menguasai beberapa teori kajian prosa dan menerapkan teori tersebut dalam analisis cerpen, novel Arab modern, dan atau teks Al-Quran secara ilmiah. Pokok bahasannya meliputi teori struktural, teori semiotik, teori sosiologi, teori feminis, dan teori stilistika, serta metode analisis dan aplikasinya. Kegiatan: analisis dan presentasi.

 

PARA613 Dirasah Syi’riyah, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa dapat menguasai beberapa teori kajian puisi dan menerapkan teori tersebut secara ilmiah dalam analisis sajak (bahasa Arab: qashidah), utamanya qashidah Arab modern. Pokok bahasannya meliputi teori struktural, teori semiotik, dan teori stilistika, serta metode analisis dan aplikasinya. Kegiatan: analisis dan unjuk kerja.

 

PARA614 Jughrafiya, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa memahami sketsa geografis dunia Arab secara umum, dan mampu menguraikan dinamika sosio-politik mutakhir yang terjadi. Pokok bahasan: geofisik, geopolitik, geososial, geoekonomi negara-negara Arab, hubungannya dengan dunia internasional, serta trend demokratisasi di dunia Arab. Kegiatan: presentasi dan diskusi kelompok.

 

PARA615 Tarikh Hadharah, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa memahami sejarah peradaban Arab-Islam secara utuh dan mampu merangkai genealogi kemunculan, pertumbuhan, kejayaan, kemerosotan, dan kebangkitannya dari masa ke masa. Pokok bahasannya meliputi: konsep dan karakteristik peradaban Arab-Islam, periodisasi sejarah peradaban Arab-Islam, pasang-surut peradaban Arab-Islam, dan jejak peradaban Arab-Islam di Timur dan Barat. Kegiatan: presentasi dan diskusi kelompok.

 

PARA616 Tafahum Tsaqafi, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa memiliki wawasan dasar tentang relasi budaya dan bahasa, dan mampu mengidentifikasi secara cermat ragam tradisi dan budaya Arab, pola-pola interaksi sosial dari masyarakat Arab, serta kesepahaman budaya Arab dan Indonesia. Pokok bahasannya meliputi: keterkaitan budaya dan bahasa, sistem nilai yang distingtif dalam budaya Arab dan Indonesia, adat-istiadat, serta budaya tutur dan tulis dari masyarakat Arab.  Kegiatan: presentasi dan diskusi kelompok.

 

PARA617 Istima’ Mukatstsaf I , 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu menyimak intensif teks sederhana berbahasa Arab, melalui kemampuan memahami pesan tersurat dan tersirat yang dikandung,  memahami bentuk kata, ungkapan dan kalimat dalam teks, dan  menerapkannya dalam kegiatan berbahasa lisan dan tulis. Topik bahasannya meliputi: fungsi bahasa dan situasi yang berkaitan  dengan keluarga, hobi dan minat, kegiatan sehari-hari, lingkungan belajar, pengalaman dan kesan, peristiwa sosial dan keagamaan, akademis, piknik/rekreasi. Kegiatan: menyimak, latihan, dan diskusi.

 

PARA618 Istima’ Mukatstsaf II , 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu menyimak intensif teks semi kompleks berbahasa Arab, melalui kemampuan memahami pesan tersurat dan tersirat yang dikandung,  memahami  struktur ungkapan, dan kalimat dalam teks, dan  menerapkannya dalam kegiatan berbahasa lisan dan tulis. Topik bahasannya meliputi:  berbagai fungsi bahasa dan situasi yang berkaitan dengan komunikasi dan transportasi, hiburan dan pameran, pusat perbelanjaan, dan kesehatan. Kegiatan: menyimak, latihan, diskusi, dan resume.

 

PARA619 Kalam Mukatstsaf I , 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu berbicara dalam Bahasa Arab pada Al-marhalah Al-ibtidaiyah dengan melibatkan tiga keterampilan berbahasa yang lain (membaca, menyimak, dan menulis). Topik bahasannya meliputi berbagai fungsi bahasa sebagai alat komunikasi sosial, misalnya: pengenalan diri sendiri, keluarga atau orang lain, ucapan selamat, ucapan bela sungkawa, permintaan maaf, seputar hobby, masalah kesehatan, berbelanja, makanan dan minuman, nama-nama anggota badan serta fungsinya, tempat hunian, serta pengungkapan perasaan yang bersifat emosional dalam situasi informal. Kegiatan: menghafalkan ungkapan, dialog, dan monolog.

 

PARA620 Kalam Mukatstsaf II , 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu berbicara dalam Bahasa Arab pada Al-marhalah ma Qobla Al-mutawassithah dengan melibatkan tiga keterampilan berbahasa yang lain (membaca, menyimak, dan menulis). Topik bahasannya meliputi: kegiatan sehari-hari baik di kampus maupun luar kampus, profesi, kebersihan, kehidupan kaum muda, masalah polusi, kejahatan, dan perkembangan iptek. Kegiatan: menghafalkan ungkapan, dialog, monolog, dan presentasi.

 

PARA621 Tathbiq Mufradat, 2 sks 2 js.

Mahasiswa menguasai dan terampil menggunakan mufradat bahasa Arab. Topik  bahasannya meliputi: mufradat yang berkaitan dengan keluarga, hobi dan minat, kegiatan sehari-hari, lingkungan belajar, pengalaman dan kesan, peristiwa sosial dan keagamaan. Kegiatan: menghafal mufradat, menyusun kalimat dan paragraf, meng-arab-kan teks sederhana berbahasa Indonesia.

 

PARA622 Qira’ah Mukatsafah I, 2 sks 2 js.

Mahasiswa terampil membaca teks sederhana dengan keras dan benar, menemukan fakta tersurat dalam kalimat dan paragraf, deskripsi dan narasi sederhana berbahasa Arab dan berharakat‎ penuh dengan melibatkan tiga kemahiran berbahasa yang lain.  Topik  bahasannya meliputi: berbagai fungsi bahasa dan situasi yang berkaitan dengan keluarga, hobi dan minat, kegiatan sehari-hari, lingkungan belajar, pengalaman dan kesan, peristiwa sosial dan keagamaan. Kegiatan: membaca keras, mengidentifikasi  ide pokok dan ide penunjang, menemukan fakta tersurat dan tersirat, dan menganalisis kedudukan kata dalam kalimat secara fungsional.

 

PARA623 Qira’ah Mukatsafah II, 2 sks 2 js.

Mahasiswa terampil membaca teks semi kompleks dengan keras dan benar, menemukan fakta tersurat dalam kalimat dan paragraf deskripsi dan narasi sederhana berbahasa Arab dan berharakat‎ penuh dengan melibatkan tiga kemahiran berbahasa yang lain. Topik bahasannya meliputi:  berbagai fungsi bahasa dan situasi yang berkaitan dengan akademis, piknik/rekreasi, komunikasi dan transportasi, hiburan dan pameran, pusat perbelanjaan, dan kesehatan. Kegiatan: pemahaman detail, ide pokok, harfiah, inferensi, pemahaman evaluatif, menganalisis kedudukan kata dalam kalimat, membaca keras, presentasi isi bacaan.

 

PARA624 Kitabah Mukatsafah I, 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu menulis berbahasa Arab dalam bentuk kalimat sederhana dan majemuk dengan melibatkan tiga keterampilan berbahasa yang lain (membaca, menyimak, dan berbicara). Topik bahasan meliputi: perkenalan, keluarga, tempat tinggal, kehidupan sehari-hari, makanan dan minuman, ibadah shalat, belajar, profesi, belanja, cuaca, tempat-tempat umum, hobi, bepergian, ibadah haji dan umrah, kesehatan, dan liburan. Kegiatan: kajian konseptual, pemodelan, arabisasi ungkapan indonesia, tugas menulis, pembahasan tugas.

 

PARA625 Kitabah Mukatsafah II, 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu menulis berbahasa Arab dalam bentuk paragraf naratif dan deskriptif sederhana dengan melibatkan tiga keterampilan berbahasa yang lain (membaca, menyimak, dan berbicara). Topik bahasan meliputi: menjaga kesehatan, kegiatan refreshing, kehihupan rumah tangga, kehidupan di kota, ilmu dan proses belajar, profesi, bahasa Arab, bentuk-bentuk penghargaan, internet, kebersihan, agama Islam, pemuda, dunia Islam, keamanan, polusi, dan sumber energi.  Kegiatan: kajian konseptual, pemodelan, arabisasi ungkapan Indonesia, tugas menulis, pembahasan tugas.

 

PARA626 Tarkib Mukatstsaf I, 2 sks 2 js.

Mahasiswa menguasai teori dan mampu menerapkan, menganalisis, serta mengambil keputusan secara bertanggung jawab dalam bidang tarkib sederhana I. Topik bahasannya meliputi: anmath al-tarakib wa al-jumal (jumlah ismiyyah, jumlah fi’liyah, tarkib athfi, tarkib washfi, dan tarkib idhafi), al-nafy wa al-istifham. Kegiatan: ceramah, diskusi, analisis bahasa sederhana, dan menghafal.

 

PARA627 Tarkib Mukatstsaf II, 2 sks 2 js.

Mahasiswa menguasai teori dan mampu menerapkan, menganalisis, serta mengambil keputusan secara bertanggung jawab dalam bidang tarkib sederhana II. Topik bahasannya meliputi: al-mafa’il , tarkib ‘adadi, tarkib taukidi, al-nawasikh, dan al-nida’. Kegiatan: ceramah, diskusi,  menghafal.

 

PARA628 Tajwid Tilawah wa Kitabatil al-Qur’an, 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu membaca Al Qur’an dengan baik (secara tartil), hafal juz ‘amma dan mampu menterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, serta mampu menulis surat-surat pendek. Topik bahasannya meliputi semua surat dalam juz ‘amma. Kegiatan: menghafal, menganalisis makna, menulis ayat, dan presentasi.

 

PARA629 Khath Imla’, 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu menulis berbahasa Arab dengan baik dan benar sesuai kaidah khath dan imla. Topik bahasan meliputi: (a) kaidah khath, yaitu: pengenalan macam-macam alat tulis dan macam-macam khath, penulisan huruf hijaiyah menggunakan khath naskhi, kaidah penulisan huruf yang memiliki keserupaan bentuk, menyambung huruf hijaiyah menggunakan khath naskhi, menyalin teks berbahasa Arab menggunakan khat naskhi; dan (b) kaidah imla, yaitu: pengenalan tentang hakikat dan tujuan imla, pengenalan kesalahan-kesalahan yang sering muncul dalam penulisan dan sebab-sebabnya, pengenalan kaidah, cara dan praktik menulis: mad, ta maftuhah dan marbuthah, tanwin, alif lam syamsiyah dan qamariyah, macam-macam hamzah, macam-macam alif (layyinah dan maqsurah), serta penggunaan tanda baca.  Kegiatan: penjelasan kaidah, pemodelan (contoh), analisis contoh, tugas menulis, pembahasan tugas (individu dan kelompok).

 

PARA630 Amtsal Arabiyah, 2 sks 2js.

Mahasiswa menguasai dan terampil menggunakan ungkapan bahasa Arab dalam bentuk motto, semboyan, kata-kata hikmah, dan syair. Topik  bahasannya meliputi: ungkapan bahasa Arab yang mengandung hikmah baik berbentuk natsr maupun syi’r, berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, kehidupan bermasyarakat, maupun kehidupan keberagamaan. Kegiatan: menghafal, menterjemahkan, mengambil pola kalimat, menyusun ungkapan lain berdasarkan pola kalimat, meng-arab-kan teks sederhana berbahasa Indonesia.

 

PARA631 Istima’ I,  2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu menyimak teks berbahasa Arab otentik yang kompleks, melalui kemampuan memahami pesan tersurat dan tersirat yang dikandungnya,  memahami struktur ungkapan dan kalimat dalam teks, dan  menerapkannya dalam kegiatan berbahasa lisan dan tulis. Berupa teks percakapan, cerita, lagu, film, ayat-ayat Al Qur’an,  hadits Nabi, dan khutbah. Topik bahasannya meliputi: keagamaan, kebahasaan, kesusasteraan, pendidikan, kebudayaan, politik, ekonomi, dan teknologi. Kegiatan: menyimak, latihan, diskusi, dan resume.

 

PARA632 Istima’ II, 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu menyimak teks berbahasa Arab otentik yang kompleks, melalui kemampuan memahami pesan tersurat atau tersirat yang dikandungnya,  memahami struktur ungkapan dan kalimat dalam teks, dan  menerapkannya dalam kegiatan berbahasa lisan dan tulis. Berupa teks percakapan, cerita, lagu, film, khutbah, berita dan wawancara. Topik bahasannya meliputi: keagamaan, kebahasaan, kesusasteraan, pendidikan, kebudayaan, politik, ekonomi, dan teknologi. Kegiatan: menyimak, latihan, diskusi, dan resume.

 

PARA633 Kalam I,  2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu berbicara bahasa Arab para Al-Marhalah ma Qobla Al-Mutaqaddimah misalnya dalam mengemukakan pendapat pada diskusi kelompok, presentasi tugas dalam situasi formal. Topik bahasan meliputi masalah pembawa acara, POLEKSOSBUD, (Politik, ekonomi, sosial, dan budaya) serta berbagai peristiwa yang aktual. Kegiatan: dialog, monolog, presentasi, diskusi, dan debat.

 

PARA634 Kalam II, 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu berbicara bahasa Arab para Al-marhalah Al-mutaqaddimah. Topik bahasannya meliputi: penggunaan bahasa Arab pada forum seminar, diskusi panel, wawancara dan debat. Kegiatan: dialog interaktif, monolog, presentasi, seminar kecil, dan debat.

 

PARA63Khatabah, 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu menerapkan berbagai konsep, fungsi dan aspek pidato bahasa Arab. Topik bahasannya meliputi: pidato, sambutan pada acara resmi dan tidak resmi, memandu acara dan memimpin diskusi. Kegiatan: Menulis konsep pidato, diskusi, dan praktik pidato.

 

PARA636  Qira‘ah I, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa terampil membaca pemahaman tingkat menengah. Topik bahasannya meliputi: teks-teks bacaan di bidang agama, pendidikan, sosial, politik, kesehatan, dan biografi. Kegiatan: pemahaman detail, ide pokok, harfiah, inferensi, pemahaman evaluatif, membaca keras, menganalisis kedudukan kata dalam kalimat, dan diskusi.

 

PARA637  Qira’ah II, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa terampil membaca pemahaman tingkat pralanjut.  Topik bahasannya meliputi: teks-teks bacaan di bidang agama, pendidikan, sosial, politik, kesehatan, dan biografi. Kegiatan: pemahaman detail, ide pokok, harfiah, inferensi, pemahaman evaluatif, membaca keras, menganalisis kedudukan kata dalam kalimat, baca berita, dan diskusi.

 

PARA638  Qira‘ah Al-Nushush Al-Turatsiyyah, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa terampil membaca teks-teks klasik. Topik bahasannya meliputi: teks-teks bahasa Arab bidang keagamaan antara lain meliputi: masalah akidah, syariah, dan akhlak. Kegiatan: membaca teks, mengidentifikasi ide pokok, menganalisis struktur sintaksis dan morfologis, mereview, dan mempresentasi hasil pembacaan.

 

PARA639 Qira’ah Al-Nushush Al-’Ashriyyah, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa terampil membaca teks modern. Topik bahasan meliputi: teks-teks bahasa Arab kontemporer yang terdapat dalam surat kabar, majalah, buku, dan jurnal ilmiah, masalah pendidikan, politik, ekonomi, sosial, budaya dan karya sastra. Kegiatan: membaca teks, mengidentifikasi ide pokok, menganalisis struktur sintaksis dan morfologis, mereview, dan mempresentasi hasil pembacaan.

 

PARA640 Kitabah I, 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu memahami konsep, proses dan teknik menulis, serta terampill mengembangkan paragraf berbahasa Arab menjadi sebuah karangan. Topik bahasannya meliputi: menulis paragraf dalam bentuk deskripsi tentang manusia, tempat, dan lain-lain, menulis memo resmi dan pribadi, menulis ucapan sukacita dan dukacita, menulis surat resmi dan pribadi, dan menulis paragraf serta karangan jenis kreasi dan imajinasi. Kegiatan: penjelasan kaidah, pemodelan (contoh), analisis contoh, arabisasi ungkapan indonesia, tugas menulis, pembahasan tugas (individu dan kelompok).

 

PARA641 Kitabah II, 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu memahami konsep, proses dan teknik menulis, serta terampill menulis wacana ilmiah (tulisan ilmiah) berbahasa Arab. Topik bahasannya meliputi: menulis ringkasan ilmiah, menulis rencana kegiatan ilmiah, menulis laporan, dan menulis resensi. Kegiatan: penjelasan kaidah, pemodelan (contoh), analisis contoh, arabisasi ungkapan indonesia, tugas menulis, pembahasan tugas (individu dan kelompok).

 

PARA642 Kitabah Maqalah, 2 sks 2 js.

Mahasiswa terampil menulis artikel dan makalah berbahasa Indonesia dan Arab serta mampu menyajikannya dalam forum seminar. Topik bahasannya meliputi: perencanaan penulisan, teknik penulisan draf artikel dan makalah, format dan sistematika, praktik penulisan artikel dan makalah, serta prosedur penyajian­nya dalam seminar. Kegiatan: penjelasan konseptual, pemodelan (contoh), analisis contoh, arabisasi ungkapan indonesia, tugas menulis, pembahasan tugas (individu dan kelompok), pelaksanaan seminar.

 

PARA643  Tarjamah, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa memahami hakikat penerjemahan serta  terampil   menerjemah­kan teks dari bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris atau sebaliknya. Topik bahasannya meliputi: transposisi, modulasi, padanan bentuk dan makna serta latihan penerjemahan teks bahasa Arab kedalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana. Kegiatan: penjelasan kaidah, pemodelan (contoh), analisis contoh, arabisasi ungkapan Indonesia dan Inggris, tugas menterjemahkan, pembahasan tugas (individu dan kelompok).

 

PARA644 Ikhtibar Syamil, 3 sks 3 js.

Mahasiswa mampu memahami, menganalisis, menerapkan dan mengambil keputusan secara bertanggung jawab dalam bidang keterampilan bahasa dan kebahasaaraban. Topik bahasannya meliputi: penguasaan empat keterampilan berbahasa dan penerapan kaidah kebahasaan dalam membaca dan memahami teks tulis dan tuturan lisan berbahasa Arab. Kegiatan: pretes, tutorial, pendamping­an, tes berkala, dan post tes.

 

PARA645 Thariqah Tadris Lughah,  3 sks 3 js.

Mahasiswa memahami konsep teoretis pendekatan, metode, dan teknik Pembelajaran Bahasa Arab (PBA), menganalisis problematika PBA,  dan terampil menerapkan metode sesuai dengan tujuan pembelajaran. Topik bahasannya meliputi: konsep pendekatan, metode, dan teknik, perkembangan metode PBA, macam-macam metode PBA, problematika PBA, metode pembelajaran keterampil-an berbahasa (istima’, kalam, qira’ah, kitabah), pembelajaran komponen bahasa (tarkib dan mufradat),  dan praktik penggunaan metode PBA. Kegiatan: Ceramah, diskusi, dan presentasi.

 

PARA646 Wasail Tadris, 2 sks 2 js.

Mahasiswa memahami konsep teoretis tentang hakikat media, menganalisis problema penggunaan media, terampil membuat media PBA baik media belektronika atau non-elektronika, maupun media berbasis hardware atau software,  serta terampil menggunakannya dalam proses PBA. Topik bahasannya meliputi: hakikat media, peranan media dalam PBA, problema penggunaan media, jenis-jenis media, pembuatan (pengadaan) media dan penggunaannya. Kegiatan: Ceramah, membuat media, diskusi, dan presentasi.

 

PARA647 Taqwim, 2 sks 2 js.

Mahasiswa memahami secara teoretis sistem penilaian PBA, menganalisis problema sistem penilaian (prosedur muapun susbtansi), dapat menyusun alat penilaian sesuai dengan prosedur yang benar, dan mampu menyelenggarakan penilaian baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun hasil belajar. Topik bahasannya meliputi: hakikat penilaian, karaktejenis tes, tes keterampilan dan komponen bahasa Arab, pendekatan tes bahasa Arab, prosedur dan teknik penilaian, penyusunan instrumen authentic assesment dalam PBA, penyusunan instrumen tes bahasa Arab (butir-butir soal), dan interpretasi  serta, analisis hasil tes. Kegiatan: Ceramah, diskusi, dan presentasi.

 

PARA648 Manahij wa Kutub Madrasiyah, 3 sks 3 js.

Mahasiswa memahami secara teoretis hakikat kurikulum dan buku teks bahasa Arab, prinsip-prinsip pengusunan kurikulum dan buku teks, problema penggunaan kurkulum dan buku teks, dan terampil mengembangkannya dalam proses PBA di sekolah menengah. Topik bahasannya meliputi: hakikat kurikulum dan buku teks, analisis isi kurikulum dan buku teks, problema penggunaan kurikulum dan buku teks, pengembangan kurikulum  (silabus, RPP) dan buku teks. Kegiatan: Ceramah, diskusi, menyusun kurikulum dan buku teks, dan presentasi.

 

PARA649 Tadris Mushaghar, 2 sks 2 js.

Mahasiswa memahami secara teoretis konsep microteaching dan keteram­pilan dasar mengajar, menganalisis problema implementasi microteaching, dan dapat menerapkannya secara terpisah maupun secara terpadu dalam proses PBA.  Pokok bahasannya meliputi: pengertian pengajaran mikro, aspek-aspek pengajaran mikro, Pelaksanaan implementasi microteaching, Penyusunan Ren­cana Pem­belajaran (RPP), dan format penilaian latihan, aspek-aspek keterampilan dasar mengajar, keterampilan mengajar secara terpadu, dan supervisi klinis. Kegiatan: Ceramah, diskusi, presentasi, dan praktik mengajar.

 

PARA650 Thariqah Bahts, 3 sks 3 js.

Mahasiswa memahami secara teoretis hakikat dan prosedur penelitian, dapat menyusun rancangan penelitian, melaksanakan penelitian, dan menyusun laporan penelitian, baik yang terkait dengan penelitian tentang PBA, linguistik, maupun kesastraan Arab. Pokok bahasannya meliputi meliputi: hakikat penelitian, desain penelitian, prosedur penelitian, penelitian pengembangan, PTK, penelitian kualitatif, isi dan sistematika usulan penelitiaan, isi dan sistemtika  laporan penelitian serta artikel penelitian. Kegiatan: Ceramah, diskusi, pembuatan proposal, dan presen­tasi.

 

PAKET PENERJEMAHAN (12 SKS)

 

PARA651 Teknik Penerjemahan, 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu memahami teori penerjemahan serta terampil mener­jemahkan teks dari bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Topik bahasannya meliputi: pengertian, proses, metode, gramatika, dan peristilahan dalam pener­jemahan. Kegiatan: Ceramah, diskusi, penugasan, dan presentasi.

 

PARA652 Latihan Penerjemahan, 4 sks 4 js.

Mahasiswa mampu menerjemahkan secara tertulis wacana ilmiah populer dan artikel ilmiah dari bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Topik bahasannya meliputi: wacana ilmiah populer dan artikel ilmiah bertema politik, ekonomi, sosial-budaya, kebahasaan, pendidikan, dan lain-lain. Kegiatan: Ceramah, diskusi, penugasan, analisis karya terjemahan, dan presentasi.

 

PARA653 Tugas Akhir Penerjemahan, 4 sks 4 js.

Mahasiswa mampu menerjemahkan buku-buku bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Topik bahasanya meliputi: buku-buku bahasa Arab bertema politik, ekonomi, sosial-budaya, kebahasaan, pendidikan, dan lain-lain. Kegiatan: diskusi, penugasan, pendampingan, dan penulisan karya terjemahan.

 

PARA654 Kewirausahaan Penerjemahan, 2 sks 2 Js.

Mahasiswa mampu memahami teori kewirausahaan, dan mampu mengelola wirausaha, utamanya dalam produksi dan pemasaran buku-buku hasil penerjemahan. Topik bahasannya meliputi: pengenalan teori kewirausahaan, permodalan, pembukuan, pemasaran, public relation, dan magang wirausaha. Kegiatan: Ceramah, diskusi, penugasan, presentasi, dan magang.

 

PAKET PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (12 SKS)

 

PARA655 Aqidah dan Akhlak, 2 sks 2js.

Mahasiswa mampu: (1) memahami sejarah, konsep-konsep utama akidah Islam dan aliran-alirannya  (2) memahami urgensi, konsep, berbagai macam akhlak terpuji dan tercela dalam Islam, (3) memilih secara bertanggung jawab dan meyakini konsep aqidah yang sesuai dengan al-Qur’an dan Hadits dengan memberikan argumen aqli dan naqli, (4) menerapkan akhlak mulia dalam berbagai hal. Topik bahasannya meliputi: (a) pengertian aqidah, (b) hakikat dan rukun iman, (c) manifestasi rukun iman dalam kehidupan, (d) sejarah dan pemikiran ilmu kalam, (e) konsep, sumber, dan ruang lingkup akhlak dalam Islam, (f) urgensi akhlaq dalam kehidupan, (g) macam-macam akhlak mulia dan akhlak tercela, dan (h) penghayatan dan pengamalan akhlak mulia dalam kehidupan. Kegiatan: Ceramah, diskusi, dan aplikasi.

 

PARA656 Fikih, 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu: (1) memahami sumber dan pembentukan hukum Islam, perbedaan madzhab, dan tema-tema aplikatif hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari; (2) mampu menggunakan kaidah-kaidah fiqih dalam memecahkan persoalan hukum secara tepat; (3) memberikan solusi secara bertanggung jawab persoalan aktual berdasarkan hukum Islam. Topik bahasannya meliputi: (a) konsep hukum Islam, (b) sumber hukum Islam, (c) pembentukan hukum Islam (d) kaidah-kaidah fiqhiyah, (e) madzhab-madzhab fiqh: karakteristik dan penyikapannya, (f) tema hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan: Ceramah, diskusi, dan aplikasi.

 

PARA657 Tafsir Hadis, 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu: (1) memahami konsep, sejarah perkembangan, dan ragam metode tafsir; (2) memahami konsep hadis dan sejarah kodifikasinya; (3) memahami relasi antara ilmu tafsir dan ilmu hadis; (4) memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadis-hadis pilihan; (5) menerapkan isi tafsir ayat-ayat al-Qur’an dan hadis-hadis pilihan. Topik bahasannya meliputi: (a) pengertian, manfaat dan sejarah perkembangan tafsir; (b) ragam metode tafsir; (c) hadis dan sejarah kodifikasinya; (d) memadukan tafsir dan hadis dalam memaknai persoalan aktual secara tepat; (e) mengkaji ayat-ayat dan hadis-hadis pilihan. Kegiatan: Ceramah, diskusi, dan aplikasi.

 

PARA658 Metodologi PAI, 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu: (1) memahami konsep pembelajaran PAI dan berbagai metode pengajaran PAI, (2) memilih secara tepat metode pengajaran PAI sesuai dengan kondisi tujuan, materi, siswa, dan sekolah, (3) memanfaatkan perkembangan IPTEK dalam pengajaran PAI.  Topik bahasannya meliputi: (a) pengertian dan kedudukan metodik dalam didaktik, (b) pengertian pendidikan dan pengajaran, (c) faktor-faktor pendidikan agama Islam, (d) relevansi metode dan faktor-faktornya, (e) keanekaragaman metode pembelajaran PAI dan cara memilihnya, (f) sistem modul untuk PAI, (g) permainan simulasi untuk PAI, (h) PPSI dalam PAI, (i) evaluasi PAI. Kegiatan: Ceramah, diskusi, aplikasi, penyusunan perangkat pembelajaran, dan praktik mengajar.

 

PARA659 Pembelajaran BA Qurani, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa mampu: (1) memahami karaktersitik bahasa al-Qur’an; (2) memahami hubungan antara bahasa Arab dan bahasa al-Qur’an; (3) menganalisis pola dan bentuk bahasa Arab Qur’ani; (4) menerapkan bahasa Arab Qur’ani dalam percakapan, tulisan, dan pengajaran bahasa Arab. Topik bahasannya meliputi: (1) karaktersitik bahasa al-Qur’an; (2) hubungan antara bahasa Arab dan bahasa al-Qur’an; (3) pola dan bentuk bahasa Arab Qur’ani; (4) metode pengajaran bahasa Arab Qur’ani; (5) pengembangan kurikulum dan bahan ajar BAQ (6) praktik pengajaran BAQ. Kegiatan: Ceramah, diskusi, analisis dan penyusunan bahan ajar BAQ.

 

PARA660 Kewirausahaan PAI, 2 sks 2 Js.

Mahasiswa mampu memahami teori kewirausahaan, dan mampu mengelola wirausaha, utamanya dalam bimbingan konseling islami, penulisan buku ajaran Islam dan wacana keislaman, serta ceramah dan dakwah Islam. Topik bahasannya meliputi: pengenalan teori, manajemen, dan  kewirausahaan PAI, public relation, dan manajemen dakwah. Kegiatan pengajaran: ceramah, presentasi.

 

PAKET KALIGRAFI (12 SKS)

 

PARA661 Khat  Naskhi dan Riq’i, 3 sks, 3 js.

Mahasiswa menguasai teori dan teknik penulisan khat Arab melalui latihan khat naskhi dan riq’i serta dapat menerapkannya dalam membuat karya kaligrafi berbasis naskah. Topik bahasannya meliputi: kaidah penulisan khat naskhi, contoh-contoh karya seni khat naskhi, kaidah penulisan khat  riq’i, contoh-contoh karya seni khat riq’i pengenalan alat-alat tulis kaligrafi Arab dan cara pemakaiannya, desain dan tehnik membuat karya kaligrafi naskah, tugas akhir. Kegiatan: ceramah, pemodelan, latihan, pembuatan karya, dan pameran karya (ma’radh)

 

PARA662 Khat Tsulus dan Diwani, 3 sks, 3 js.

Mahasiswa menguasai teori dan teknik penulisan khat Arab melalui latihan khat Tsulus dan Diwani serta dapat menerapkannya dalam membuat karya kaligrafi berbasis mushaf. Topik bahasannya meliputi: kaidah penulisan khat tsulus, contoh-contoh karya seni khat tsulus, kaidah penulisan khat  diwani, contoh-contoh karya seni khat diwani, ornamen kaligrafi Arab (zakhorif),  pengenalan macam warna dan teknik mencampurnya, teknik pengecatan manual, desain dan teknik membuat karya kaligrafi mushaf, tugas akhir. Kegiatan: ceramah, pemodelan, latihan, pembuatan karya, dan pameran karya (ma’radh)

 

PARA663 Khat  Kufi dan Farisi, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa menguasai teori dan teknik penulisan khat Arab melalui latihan khat Kufi dan Farisi serta dapat menerapkannya dalam membuat karya kaligrafi berbasis dekorasi. Topik bahasannya meliputi: kaidah penulisan khat kufi, contoh-contoh karya seni khat kufi, kaidah penulisan khat  farisi, contoh-contoh karya seni khat farisi, teknik pengecatan air brush, teknik membuat karya kaligrafi dekorasi, tugas akhir. Kegiatan: ceramah, pemodelan, latihan, pembuatan karya, dan pameran karya (ma’radh)

 

PARA664 Ragam Teknik  Seni Rupa Khat  Arab, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa mengenal dan memahami ragam teknik seni rupa kaligrafi Arab serta mempraktikannya. Topik bahasannya meliputi: teknik ukir (pahat), teknik tempel, teknik sablon, teknik digital printing (wallpaper kaligrafi) , teknik membentuk, tehnik cor, visitasi dan tugas akhir. Kegiatan: magang pada sentra-sentra produksi kaligrafi, pemodelan, latihan, pembuatan karya, dan pameran karya (ma’radh).

 

PARA665 Kewirausahaan Kaligrafi, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa memahami teori kewirausahaan, dan mampu mengelola wirausaha, utamanya dalam produksi dan pemasaran karya seni kaligrafi. Topik bahasannya meliputi: pengenalan teori kewirausahaan, permodalan, pembukuan, pemasaran, public relation, dan praktik kewirausahaan. Kegiatan: ceramah, presentasi, dan praktik.

 

PAKET BAHASA ARAB UNTUK ANAK (ALA) (12 SKS)

 

PARA666 Pembelajaran Baca-Tulis Huruf Arab, 2 sks 2 js.

Mahasiswa memahami kerangka teoritik  pembelajaran baca tulis huruf Arab dan  mampu menerapkannya dalam proses belajar-mengajar. Topik bahasannya meliputi: pendekatan dan metode  pembelajaran membaca huruf Arab, pendekatan konstruktivis, pendekatan behavioristik dalam pembelajaran baca tulis huruf Arab, Metode pembelajaran baca tulis huruf Arab berdasarkan buku iqra`, qira`ati, dan amtsilati, Penerapan pembelajaran baca tulis huruf Arab. Kegiatan: ceramah, presentasi, dan praktik.

 

PARA667 Strategi Pembelajaran ALA, 2 sks 2 js.

Mahasiswa memahami berbagai strategi pembelajaran bahasa Arab untuk anak (ALA) dan dapat menerapkannya dalam proses belajar mengajar, serta dapat memecahkan permasalahan pembelajaran bahasa Arab untuk anak. Topik  bahasannya meliputi: Pengertian strategi pembelajaran, prinsip dasar pemilihan strategi pembelajaran ALA, Karakteristik strategi pembelajaran ALA, berbagai strategi dalam pembelajaran ALA, latihan penerapan strategi pembelajar­an ALA, dan analisis pelaksanaan pembelajaran ALA. Kegiatan: ceramah, presentasi, dan praktik.

 

PARA668 Psikologi Anak, 2 sks 2 js.

Mahasiswa memahami perkembangan jiwa anak beserta keunikannya baik dari aspek kognitif, psikomotorik maupun aspek afektif sebagai dasar dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dan mampu menganalisis serta  menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan keterampilan berbahasa arab anak. Topik bahasannya meliputi: hakikat perkembangan anak, faktor penentu perkembangan anak, periodisasi perkembangan anak, dan masalah keterampilan berbahasa arab yang dihadapi anak baik dalam bahasa tulis maupun lisan. Kegiatan: ceramah, presentasi, dan praktik.

 

 

 

PARA669 Pengembangan  Materi ALA, 2 sks 2 js.

Mahasiswa mampu memahami materi ALA dan mampu mengembangkan materi ALA dapat mengevaluasi kelayakan materi pembelajaran di TK. SD atau MI. Pokok bahasannya meliputi: karakteristik perkembangan bahasa anak, pengembangan silabus, prinsip-prinsip penyusunan materi ALA, langkah-langkah penyusunan materi ALA, dan penyusunan materi ALA, serta evaluasi materi atau bahan ajar ALA. Kegiatan: ceramah, presentasi, analisis, dan praktik menyusun bahan ajar.

 

PARA670 Pengembangan Media ALA, 2 sks 2 js.

Mahasiswa memahami Keragaman media pembelajaran ALA dan dapat mengembangkannya dalam pembelajaran ALA. Pokok bahasannya meliputi: hakikat media pembelajaran ALA, prinsip-prinsip pemilihan media ALA, jenis-jenis media ALA, pengembangan dan pengadaan media untuk ALA, Penggunaan media  ALA dalam PBM , dan evaluasi serta analisis kelebihan dan kekurangan berbagai media pembelajaran ALA. Kegiatan: ceramah, presentasi, analisis, dan praktik menyusun dan menggunakan media.

 

PARA671 Kewirausahaan ALA, 2 sks 2 js.

Mahasiswa memahami substansi  kewirausahaan, mampu memanfaatkan teknologi untuk menciptakan peluang usaha meliputi:pengembangan materi ALA, media ALA dan mendesiminasikan produk ke masyarakat serta membuka pusat pelatihan pembelajaran bahasa Arab untuk anak. Pokok bahasannya meliputi: pengertian kewirausahaan, peluang usaha melalui pengembangan materi ALA, peluang usaha melalui media ALA. Kegiatan: ceramah, presentasi, analisis, dan praktik berwirausaha.

 

PAKET KOMPUTER DAN INTERNET (12 SKS)

 

PARA672  Desain Grafis, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa terampil dalam penggunaan software desain grafis. Topik bahasan meliputi: pengggunaan software desain grafis yang meliputi coreldraw, photoshop dan flash. Kegiatan: drill, praktik, dan penugasan.

 

PARA673 Multimedia, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai konsep pengantar multimedia sehingga mahasiswa dapat melakukan pembuatan, digiting dan manipulasi komponen media. Topik bahasannya meliputi berbagai program presentasi, editing video, animasi, efek suara,  dan pengembangan web site. Kegiatan: drill, praktik, dan penugasan.

 

PARA674 Internet, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa dapat mengoperasikan internet untuk pemanfaatan pengajaran bahsa Arab. Topik bahasannya meliputi: pengenalan dan pemanfaatan situs-situs, pembuatan e-mail, chating bahasa Arab, blog, face book. Kegiatan: drill, praktik, dan penugasan.

 

 

PARA675 Produksi Multimedia PBA, 4 sks, 4 js.

Mahasiswa dapat membuat CD dan VCD pembelajaran bahasa Arab interaktif (multimedia). Topik bahasannya meliputi: keterampilan berbahasa, pembelajaran bahasa Arab, berita Arab, film Arab dan lain-lain. Kegiatan: drill, praktik, dan penugasan.

 

PARA676 Kewirausahaan Komputer dan Internet, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa memahami teori kewirausahaan, dan mampu mengelola wirausaha, utamanya dalam produksi dan pemasaran media pembelajaran ber­basis TIK. Topik bahasannya meliputi: pengenalan teori kewirausahaan, per­modalan, pembukuan, pemasaran, public relation, dan magang wirausaha. Kegiatan: ceramah, diskusi, dan praktik.

 

PAKET BAHASA ARAB UNTUK TUJUAN KHUSUS (12 SKS)

 

PARA677 Bahasa Arab untuk Haji dan Umrah, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa memperoleh pengalaman penyelenggaraan ibadah umrah-haji dan mampu menggunakan bahasa Arab dalam penyelenggaraan ibadah haji-umrah. Pokok bahasannya meliputi: (1) Sistem penyelenggaraan ibadah haji-umrah meliputi kebijakan penyelenggaraan umrah-haji, gambaran umum penyelenggaraan ibadah haji/umrah dan badan penyelenggara ibadah haji/umrah; dan (2) Keterampilan berbahasa Arab (amiyah) dalam penyelenggaraan dan pengelolaan umrah-hajimeliputi bahasa Arab di tempat ziarah, di pasar,di apotek, di tempat penukaran uang, dll). Kegiatan: ceramah, pemodelan dan praktik berbahasa Arab amiyah, magang pengelolaan haji-umrah.

 

PARA678 Bahasa Arab untuk  Penerjemah Lisan, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa memiliki kemampuan menerjemahkan wacana lisan bahasa Arab dalam berbagai momentum dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Pokok bahasannya meliputi: konsep penerjemahan lisan, keunikan penerjemahan lisan, strategi penerjemahan lisan, berbagai momentum penerjemahan lisan (pandu acara, pengenalan diri, kata sambutan, pengarahan, tausiyah, pidato politik). Kegiatan: Kajian teori, praktik,  bermain peran.

 

PARA679 Bahasa Arab Media Masa, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa mampu memahami dan menulis berita, reportase, opini, dan iklan berbahasa Arab. Pokok bahasannya meliputi: (1) penulisan berita:kosa kata dan ungkapan yang terkait dengan berbagai jenis berita(ziyarah rasmiyyah, khuthab siyasiyyah rasmiyyah, majalis niyabiyyah,  munadhdhamat dauliyyah, mu’tamarat wa liqa’at), (2) penulisan reportase dan opini:prinsip penulisan fitur dan opini, kosa kata dan ungkapan yang terkait mengenai bi’ah thabi’iyyah, tarbiyah, huquq wal wajibat, hayatul insane, dan (3) penulisan iklan mengenai hajat hidup dan layanan masyarakat, prinsip penulisan iklan, kosa kata dan ungkapan yang terkait. Kegiatan: diskusi kelompok telaah teks media masa, penyimpulan, dan penulisan teks media masa.

 

 

 

PARA680 Bahasa Arab Pariwisata, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa mampu  memproduksi paket promo wisata Indonesia dan mampu memandu wisatawanTimur Tengah di Indonesia. Pokok bahasannya meliputi: promowisata: pemahaman sekilas budaya Arab,jenis objek wisata Indonesia (budaya, sejarah, alam, religi, pendidikan); panduwisata: sapaan, basabasi (mujamalah), dan ucapan selamat, peristilahan. Kegiatan: ceramah, proyek, praktik pandu wisata.

 

PARA681 Bahasa Arab Dunia Usaha, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa mampu berbahasa Arab lisan maupun tulis yang berkaitan dengan dunia usaha. Pokok bahasannya meliputi: interviu pekerjaan (muqabalah taudhifiyah), Job Description (washful wadha’if), korespondensi bisnis (murasalah tijariyyah), laporan bisnis (taqrir tijariy), dan dokumen/perjanjian kerjasama (mudzakkrirah tafahum). Kegiatan: pemodelan dan praktik.

 

PARA682 Kewirausahaan Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus, 2 sks, 2 js.

Mahasiswa memahami substansi  kewirausahaan, mampu memanfaatkan teknologi untuk menciptakan peluang usaha meliputi: (1) pengembangan materi Bahasa Arab untuk tujuan khusus, yaitu: ibadah haji-umrah, media masa, pariwisata, dan dunia usaha; (2) pengembangan media dan mendesiminasikannya ke masyarakat serta membuka pusat pelatihan pembelajaran bahasa Arab untuk tujuan khusus. Pokok bahasannya meliputi: pengertian kewirausahaan, peluang usaha melalui pengembangan materi, peluang usaha melalui media. Kegiatan: ceramah, presentasi, analisis, dan praktik berwirausaha.

 

  1. MATAKULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB)

 

PARA683 Al-Bahts al-Ilmi (Skripsi), 6 sks.

Mahasiswa dapat menyusun skripsi dan mempertahankannya di hadapan penguji, serta menulis artikel ilmiah dari hasil penelitian dalam dua bahasa (Arab dan Indonesia). Topik bahasannya meliputi, pengajaran bahasa Arab, ilmu kebahasaan Arab, kesastraan Arab, penerjemahan. Kegiatan: seminar proposal, bimbingan, dan ujian skripsi

 

  1. MATAKULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB)(KULIAH KERJA)

 

UKPL601 Kajian dan Praktik Lapangan, 4 sks.

Mahasiswa terampil mengajar dan mengelola pembelajaran bahasa Arab terbimbing di sekolah. Topik bahasannya meliputi perencanaan, kegiatan belajar-mengajar di kelas, penilaian, dan melaksanakan kegiatan praktik mengajar terbimbing di sekolah. Kegiatan: ceramah, diskusi, peer teaching, praktik mengajar, dan lesson study.

 

UKKN601 Kuliah Kerja Nyata, 4 sks.

Mahasiswa terampil mengaplikasikan teori-teori yang telah diperoleh dalam perkuliahan di dalam masyarakat. Topik bahasannya meliputi: berbagai jenis KKN berbasis tematik. Kegiatan: pembekalan, pembimbingan, dan praktik langsung di masyarakat sasaran.