Malang, 09 Agustus 2024 – Universitas Negeri Malang (UM) kembali menegaskan dedikasinya dalam mendorong inovasi di bidang pendidikan. Melalui penelitian yang dilakukan oleh Zayyidatul Khoiroh di bawah bimbingan Dr. Mohammad Ahsanuddin, S.Pd, M.Pd dan Moh. Fauzan, S.Pd, M.Pd.I, telah dikembangkan sebuah media pembelajaran berbasis game interaktif bernama “UNO Stacko Arabic”. Penelitian ini, yang berfokus pada siswa kelas IV MI Al Hayatul Islamiyah Kedungkandang Malang, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Arab siswa, khususnya dalam maharah kalam dan kitabah.

Penelitian yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini telah menghasilkan produk media pembelajaran bernama “UNO Stacko Arabic”. Media ini terdiri dari 6 komponen, yaitu : kotak penyimpanan balok permainan, balok permainan berjumlah 45 balok, kotak penyimpanan kartu pertanyaan, 65 kartu pertanyaan yang mencakup keterampilan berbicara dan menulis, serta buku lembar jawaban dan penilaian. Desain media ini menggabungkan unsur visual yang menarik dengan mekanisme permainan balok yang familiar bagi anak, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan.

Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media ini memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi, masing-masing mencapai 100%. Implementasi media ini pada 12 siswa kelas IV pada kelas eksperimen juga menghasilkan hasil yang sangat positif. Analisis data Pre-Test dan Post-Test menunjukkan peningkatan yang signifikan pada maharah kalam sebesar 95% dan maharah kitabah sebesar 90% pada kelompok eksperimen yang menggunakan media “UNO Stacko Arabic”. Sebaliknya, kelompok kontrol hanya menunjukkan peningkatan yang sangat kecil yaitu pada maharah kalam 1% dan maharah kitabah 18%.

Zayyidatul Khoiroh, pengembang media pembelajaran “UNO Stacko Arabic“, mengungkapkan bahwa media ini telah berhasil mencapai tujuannya dalam meningkatkan maharah kalam dan kitabah siswa kelas IV MI Al Hayatul Islamiyah. Melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, media ini mampu mengubah persepsi siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab. Dengan menggabungkan unsur permainan dengan materi pembelajaran, “UNO Stacko Arabic” tidak hanya membuat proses belajar menjadi lebih menarik, tetapi juga memfasilitasi pemahaman siswa terhadap konsep-konsep bahasa Arab.

Salah satu guru yang terlibat dalam penelitian ini juga memberikan testimoni positif. Beliau menyatakan bahwa “UNO Stacko Arabic” berhasil menciptakan suasana belajar yang lebih hidup dan memotivasi siswa untuk lebih aktif berpartisipasi. Penggunaan gambar dan ilustrasi pada kartu pertanyaan juga dinilai sangat efektif dalam membantu siswa mengingat kosakata dan struktur kalimat.

Dengan hasil yang sangat memuaskan, diharapkan “UNO Stacko Arabic” dapat menjadi rujukan bagi pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan efektif, khususnya dalam bidang pembelajaran bahasa Arab.

Bagi Zayyidatul Khoiroh, pendidikan adalah panggilan jiwa. Ia percaya bahwa dengan memberikan pendidikan yang berkualitas sejak dini, kita dapat mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, ia akan terus berupaya untuk memberikan kontribusi terbaiknya dalam memajukan pendidikan, terutama dalam bidang pembelajaran bahasa Arab.