Visi

Menjadi program studi sarjana unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang pendidikan bahasa Arab.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bahasa Arab yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang pendidikan bahasa Arab yang temuannya bermanfaat bagi pengem­bangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan bahasa Arab yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat; serta
  4. Menyelenggarakan tatapamong program studi sarjana pendidikan bahasa Arab yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional;
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dan menjadi rujukan dalam bidang pendidikan bahasa Arab;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa Arab untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera; dan
  4. Menghasilkan kinerja program studi yang efektif dan efisien untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang berkelanjutan bidang pendidikan bahasa Arab.

 

Profil Lulusan

  1. Pendidik pemula bahasa Arab;
  2. Peneliti pemula bidang pendidikan bahasa Arab; dan
  3. Wirausahawan bidang bahasa Arab serta pembelajarannya.

 

Capaian Pembelajaran

  1. Sikap dan Tata Nilai
  2. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
  3. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  4. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
  5. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;
  7. Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  10. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
  11. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa Arab secara mandiri; dan
  12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

 

  1. Penguasaan Pengetahuan
  2. Menguasai konsep kebahasaan Arab;
  3. Menguasai konsep pembelajaran bahasa Arab;
  4. Menguasai konsep penelitian kebahasaan Arab serta pembelajarannya; dan
  5. Menguasai konsep dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa Arab serta pembelajarannya.

 

  1. Keterampilan Umum
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan bahasa Arab;
  3. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  4. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam pendidikan bahasa Arab berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa Arab dan pembelajarannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  6. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang bahasa Arab serta pembelajarannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  7. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  8. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  9. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu melaksanakan tugas secara mandiri; dan
  10. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

  1. Keterampilan Khusus
  2. Mampu berbahasa Arab, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;
  3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa Arab; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa Arab;
  4. Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa Arab melalui pendekatan secara terintegrasi; dan
  5. Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa Arab, serta pembelajarannya.

 

Beban Studi dan Kurikulum

Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di program studi sarjana pendidikan bahasa Arab, menggunakan sistem kredit semester (sks). Untuk menyelesaikan studi program sarjana (S1) kependidikan bahasa Arab, sks yang harus ditempuh mahasiswa sejumlah 150 SKS. Jumlah tersebut tersebar dalam lima kelompok matakuliah, yaitu

  • Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) 8 sks,
  • Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) 12 sks,
  1. Keilmuan Dasar 2 sks
  2. Kependidikan 10 sks
  • Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) 116 sks,
  1. Kebahasaan 16 sks
  2. Kesastraan 10 sks
  3. Kebudayaan 6 sks
  4. Keterampilan berbahasa Arab 57 sks
  5. Proses Belajar Mengajar 15 sks
  6. Pilihan Paket Khusus 5 paket masing-masing 12 sks
  • Penerjemahan
  • Pendidikan Agama Islam
  • Kaligrafi
  • Bahasa Arab untuk Anak (ALA)
  • Komputer dan Internet
  • Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB) 6 sks,
  • Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) 8 sks.

 

Struktur kurikulum program studi sarjana pendidikan bahasa Arab selengkapnya dapat dilihat pada tabel berikut.