Malang, 30 Juni 2024 – Minggu pagi (30/6) diwarnai dengan kemeriahan pembukaan Mahrojan Arabi ke-18 Universitas Negeri Malang (UM). Acara yang diselenggarakan di Ruangan AVA, Gedung D16 Fakultas Sastra UM ini, dihadiri oleh para mahasiswa, dosen, dan tamu undangan.

Pembukaan Penuh Semarak dan Inspirasi

Pembukaan diawali dengan sambutan dari Moh Aulia Dzikrul Haqiqi, Ketua Pelaksana Mahrojan Arabi ke-18. Dalam sambutannya, Haqiqi menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk mendorong bakat sastra, menghidupkan kembali tradisi sastra Arab, dan mengembangkan keterampilan bahasa.

Acara kemudian dimeriahkan dengan penampilan tari saman yang memukau dari Sanggar Seni dan Budaya Al Karomi. Suasana semakin semarak dengan pembacaan doa oleh Al-Ustadz Muhammad Wahib Dariyadi S. Pd, M. Pd.

Mahrojan Arabi: Menjelajahi Masa Depan Pendidikan Bahasa Arab

Mahrojan Arabi ke-18 mengangkat tema “Memberdayakan Pembelajaran Bahasa di Era Digital: Menjelajahi Masa Depan Pendidikan Bahasa Arab”. Tema ini dipilih untuk merespon perkembangan teknologi digital yang semakin pesat dan pengaruhnya terhadap pembelajaran bahasa Arab.

Al-ustadz Muhammad Ahsanuddin S. Pd, M. Pd, Ketua Departemen Sastra Arab UM, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar Mahrojan Arabi dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan bahasa Arab mereka, serta meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang Islam.

Rangkaian Acara yang Menarik dan Bermanfaat

Mahrojan Arabi ke-18 akan diisi dengan berbagai acara menarik dan bermanfaat, seperti lomba khutbah, lomba munadzarah dan ditutup dengan konferensi internasional dengan pembalajaran bahasa arab. Acara ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para generasi muda untuk terus belajar dan berkontribusi dalam pengembangan bahasa Arab di Indonesia.