No

Sandi

Matakuliah

SKS

JS

Semester

1

2

3

4

A

MATAKULIAH PASCASARJANA (MKPS): 6 SKS          

1

MKPS801

Landasan Pendidikan

2

2

X

 

 

 

2

MKPS802

Metodologi Penelitian Kuantitatif

2

2

X

 

 

 

3

MKPS803

Metodologi Penelitian Kualitatif

2

2

 

X

 

 

B

MATA KULIAH PROGRAM STUDI (PARA): 22 SKS

1

MKBA801

Linguistik Lanjut

2

2

X

 

 

 

2

MKBA802

Kajian Teks Klasik dan Modern

2

2

 

X

 

 

3

MKBA803

Pemerolehan Bahasa Kedua

2

2

X

 

 

 

4

MKBA804

Psikolinguistik *)

2

2

X

 

 

 

5

MKBA805

Sosiolinguistik *)

2

2

X

 

 

 

6

MKBA806

Semantik **)

2

2

 

X

 

 

7

MKBA807

Pragmatik **)

2

2

 

X

 

 

8

MKBA808

Analisis Wacana **)

2

2

 

X

 

 

9

MKBA809

Kemahiran Bahasa Arab Lanjut

2

2

X

 

 

 

10

MKBA810

Pengembangan Kurikulum dan Silabus Bahasa Arab

2

2

 

X

 

 

11

MKBA811

Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab

2

2

 

X

 

 

12

MKBA812

Pengembangan Model dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab

2

2

 

X

 

 

13

MKBA813

Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab

2

2

 

X

 

 

14

MKBA814

Penulisan Karya Ilmiah

2

2

X

 

 

 

C

MATAKULIAH KELOMPOK PENGALAMAN LAPANGAN (MKPL):  4 SKS

1

MKPL880

Kuliah dan Praktik Lapangan

4

 

 

X

 

D

MATAKULIAH KELOMPOK TESIS (MTES): 8 SKS

1

MTES890

Tesis***)

6

 

 

 

X

2

MTES891

Seminar Usulan Tesis

2

 

 

X

 

TOTAL SKS YANG DITEMPUH MAHASISWA

40

14

14

6

6

Keterangan:

*) dan **) masing-masing dipilih satu matakuliah

***) Tesis ditulis dengan bahasa Arab dan mahasiswa dapat maju ujian tesis apabila telah melakukan seminar hasil penelitian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DESKRIPSI MATAKULIAH

          PROGRAM STUDI MAGISTER KEGURUAN BAHASA ARAB

 

  1. MATAKULIAH PASCASARJANA (MKPS): 6 SKS

 

MKPS801 Landasan Pendidikan, 2 sks, 2 js

Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa ihwal pendidikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang banyak kaitannya dengan sistem-sistem lainnya seperti sistem sosial, politik, dan budaya. Dalam usaha memperoleh pemahaman tersebut, persoalan pendidikan dikaji dengan menggunakan berbagai landasan antara lain: landasan filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis. Pandangan, pendekatan dan proses perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan pembelajaran dalam latar pembelajaran formal, nonformal, atau informal, yang meliputi antara lain pandangan-pandangan tentang belajar, teori belajar dan teori pembelajaran, taksonomi tujuan pembelajaran, karakteristik pebelajar, strategi dan metode pembelajaran, organisasi isi pembelajaran, dan evaluasi sistem pembelajaran juga dibahas.

 

MKPS802  Metodologi Penelitian Kuantitatif, 2 sks, 2 js

Matakuliah ini membahas prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai dasar dalam penulisan tesis. Penekanan  diletakkan pada penelitian kuantitatif. Topik yang dibahas antara lain: pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel  dan pengukurannya, jenis-jenis penelitian dan penyusunan usulan serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir  perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian pendidikan bahasa Arab.

 

MKPS803 Metodologi Penelitian Kualitatif, 2 sks, 2js

Matakuliah ini membahas prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai dasar dalam melakukan penelitian kualitatif serta penerapannya dalam bidang pendidikan bahasa Arab. Beberapa topik yang dibahas antara lain: landasan teoritik dan filosofis, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir kuliah mahasiswa  diharapkan dapat menyusun usulan penelitian untuk tesisnya.

 

  1. MATAKULIAH PROGRAM STUDI (MKBA): 22 SKS

 

MKBA801 Linguistik Lanjut, 2 sks, 2 js

Matakuliah ini memberikan tinjauan menyeluruh tentang teori linguistik klasik, modern, dan linguistik Arab serta aplikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab. Kajian difokuskan pada aspek fonologi, morfologi, sintaksis dan semantic dalam pembelajaran, pembinaan, dan penerjemahan bahasa. Termasuk di dalamnya analisis kesalahan dan analisis kontrastif.

 

MKBA802  Kajian Teks Klasik dan Modern, 2 sks, 2 js

Matakuliah ini mengkaji teks-teks klasik dan modern. Teks-teks klasik meliputi (1) Al-Qur’an dan Al-Hadits, (2) kutub shafra, (3) amtsal arabi. Teks-teks modern meliputi (1) koran, (2) majalah, (3) program-program TV.

MKBA803 Pemerolehan Bahasa Kedua, 2 sks, 2js

Matakuliah ini mengkaji pokok-pokok materi berikut: (1) psikologi behavioris dalam pembelajarsan bahasa (2) psikologi kognitif dalam pemerolehan bahasa, (3)  linguistik struktural dan pemerolehan bahasa, (4) linguistik transformasional dalam pemerolehan bahasa, (5) metode-metode pembelajaran bahasa, (6) pendekatan, meote dan teknik pembelajaran, (7) isu-isu pembelajaran bahasa. 

 

MKBA804 Psikolinguistik, 2 sks, 2 js

Matakuliah ini membahas proses mental dalam pemahaman, penggunaan, dan pemerolehan bahasa. Satuan-satuan bentuk bahasa dikaji realitas psikologisnya, pemerolehan, dan penggunaannya dikaitkan dengan strategi dalam persepsi dan realisasi makna. Topik-topik yang terangkum dalam matakuliah ini mencakup: (1) persepsi dan ekspresi kebahasaan, (2) peranan ingatan dalam berbahasa, (3) pemerolehan bahasa, (4) bahasa dan pikiran, (5) strategi belajar dan strategi komunikasi, dan (6) patologi bahasa.

 

MKBA805 Sosiolinguistik, 2 sks, 2 js

Matakuliah ini memberikan landasan-landasan keterkaitan antara bahasa yang digunakan di dalam masyarakat dengan variabel-variabel sosial yang ikut membentuk bahasa itu, di mana aspek kekuasaan tidak dapat dilepaskan peran sertanya. Bahasa dapat berfungsi sebagai sumber integrasi masyarakat, sebaliknya bahasa juga dapat menjadi sumber disintegrasi masyarakat. Topik dalam matakuliah ini mencakup (1) peran bahasa dalam masyarakat, (2) bahasa, pikiran, dan representasi, (3) bahasa dan politik, (4) bahasa dan media massa, (5) bahasa dan jender, (6) bahasa dan etnisitas, (7) bahasa dan usia, (8) bahasa dan kelas sosial, (9) bahasa dan identitas, (10) sikap terhadap bahasa, (11) perdebatan tentang baku dan tidak baku dalam bahasa Arab, dan (12) persoalan kebahasaan sebagai persoalan-persoalan sosial.

 

MKBA806 Semantik, 2 sks, 2js

Matakuliah ini mengkaji berbagai pendekatan dalam teori semantik. Pokok kajiannya meliputi pemaknaan leksikal yang meliputi teori referensi, teori imajinasi, dan analisis komponensial; pamaknaan kalimat yang meliputi teori kondisi kebenaran dan pendekatan transformasi generative; semantic komunikatif yang meliputi teori tindak tutur dan teori komunikasi Grice. 

 

MKBA807 Pragmatik, 2 sks, 2js

Matakuliah ini mengkaji pokok-pokok materi berikut: (1) pragmatik sebagai ilmu dan penggunaan bahasa, (2) karakteristik kinerja pragmatik, (3) situasi tutur, peristiwa tutur, dan tidak tutur, (4) prinsip-prinsip kerja sama, (5) implikatur, inferensi, dan praanggapan, (6) kesatuan berbahasa dan retorika.  

 

MKBA808 Analisis Wacana, 2 sks, 2 js

Matakuliah ini menguatkan dasar-dasar pemahaman terhadap wacana yang sudah diterima pada program S1, khususnya wacana bahasa Arab. Wacana tidak semata-mata dipahami sebagai unsur kebahasaan di atas klausa atau kalimat. Akan tetapi, lebih dari itu wacana juga dipahami sebagai “penggunaan bahasa tertentu” sebagai oposisi dari bahasa, juga dipahami sebagai “cara pandang”, “perspektif”, atau “ideologi” dari institusi dan kelompok sosial tertentu. Topik-topik yang terangkum dalam matakuliah ini mencakup (1) perspektif deskriptif, kritis, dan konstruktivis dalam studi wacana, (2) teori feminis dan teori wacana, (3) teori kolonial,  pascakolonial, dan teori wacana, (4) analisis wacana, linguistik kritis, dan psikologi sosial, dan (5) wacana institusi.

 

MKBA809 Kemahiran Bahasa Arab Lanjut, 2 sks, 2 js

Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan produktif, reseptif, dan membekali mahasiswa dengan berbagai keterampilan orasi meliputi berbagai bentuk pidato, mengungkapkan pendapat, setuju dan tidak setuju, serta keterampilan membaca untuk mendapatkan informasi seperti mencari gagasan utama, parafrase, meringkas, sintesis, referensi dan sejenisnya. Isi dapat diperpanjang untuk pengajaran keterampilan bahasa: menyimak, membaca, berbicara, dan/atau menulis.

 

MKBA810 Pengembangan Kurikulum dan Silabus Bahasa Arab, 2 sks, 2 js

Matakuliah ini menguatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep kurikulum dan silabus dan mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk menelaah dan menyusun silabus pembelajaran bahasa Arab. Melalui matakuliah ini mahasiswa menghasilkan silabus pembelajaran bahasa Arab di berbagai tingkat satuan pendidikan (TK, SD, SLTP/MTs, SMA/SMK/MA, PT) atau silabus program pelatihan bahasa Arab. Topik bahasannya meliputi: (1) Konsep kurikulum dan silabus, (2) prinsip pengembangan kurikulum dan silabus, (3) model pengembangan kurikulum dan silabus bahasa, (4) telaah terhadap kurikulum dan silabus bahasa Arab, dan (6) pengembangan silabus pembelajaran bahasa Arab.

 

MKBA811 Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab, 2 sks, 2 js    

Matakuliah ini menguatkan pemahaman dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam pengembangan bahan ajarbahasa Arab. Melalui matakuliah ini mahasiswa menghasilkan bahan ajar untuk pembelajar­an bahasa Arab di berbagai tingkat satuan pendidikan (TK, SD, SLTP/MTs, SMA/SMK/MA, PT) atau bahan ajar untuk berbagai pelatihan bahasa Arab. Topik bahasannya meliputi: (1) konsep dan jenis bahan ajar, (2) prinsip dan model pengembangan bahan ajar, (3) telaah terhadap bahan ajar bahasa Arab, dan (4) praktik pengembangan bahan ajar bahasa Arab.

 

MKBA812 Pengembangan Model dan Teknologi PBA, 2 sks, 2 js

Matakuliah ini menguatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Melalui matakuliah ini mahasiswa mampu: (1) memahami konsep pendekatan, metode, teknik, strategi, dan model-model inovatif pembelajaran bahasa Arab, dan (2) merancang, mengembangkan, dan menggunakan teknologi pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran bahasa Arab. Topik kajian meliputi: (1) pendalaman pemahaman konsep pendekatan, metode, dan teknik, (2) pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, (3) model pembelajaran koperatif dalam pembelajaran bahasa Arab, (4) model pembelajaran bahasa Arab berbasis strategi belajar, (5) model pembelajaran bahasa berbasis multi kecerdasan, (6) Konsep teknologi pembelajaran, (7) variasi teknologi pembelajaran inovatif, (8) telaah is idan desain teknologi pembelajaran inovatif, dan (9) produksi teknologi pembelajaran inovatif.

 

MKBA813 Pengembangan Evaluasi PBA, 2 sks, 2 js

Matakuliah ini mengkaji dan mengembangkan evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Diskusi dan presentasi merupakan kegiatan utama perkuliahan, diakhiri dengan proyek akhir semester yang berupa pengembangan asesmen dan laporan analisis pelaksanaan nyata suatu bentuk evaluasi dan asesmen bahasaArab. Pokok bahasannya meliputi (1) konsep evaluasi, (2) prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran, (3) berbagai bentuk evaluasi dan asesmen otentik, (4) karakteristik alat evaluasi dan asesmen yang baik, (5) telaah terhadap alat evaluasi dan asesmen bahasa Arab, (6) pengembangan alat evaluasi dan asesmen otentik bahasa Arab, dan (7) analisis dan penafsiran hasil evaluasi dan asesmen.

 

MKBA814 Penulisan Karya Ilmiah, 2 sks, 2 js

Matakuliah ini memberikan penguatan kepada mahasiswa dalam menulis artikel untuk jurnal ilmiah. Perkuliahan diarahkan pada aktivitas mahasiswa menulis artikel hasil penelitian dan memublikasikannya dalam jurnal ilmiah.

 

  1. MATAKULIAH KELOMPOK PENGALAMAN LAPANGAN (MKPL): 4 SKS

 

MKPL880 Kuliah dan Praktik Lapangan, 4 sks

Matakuliah ini menghubungkan teori dengan praktik melalui pelaksanaan pengalaman langsung di lapangan yang dibimbing dan dinilai oleh dosen pembimbing. Mahasiswa merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi program-program pendidikan dalam pelbagai latar (setting) kelembagaan dan/atau kemasyarakatan. Pada akhir masa pengalaman lapangan mahasiswa dituntut untuk menyusun laporan perorangan.

 

  1. MATAKULIAH KELOMPOK TESIS (MTES): 8 SKS

 

MTES890 Tesis, 6 sks

Matakuliah ini berisi kegiatan penulisan tesis bidang pendidikan bahasa Arab. Tesis merupakan karya ilmiah mandiri yang diangkat dari penelitian bidang pendidikan bahasa Arab di bawah bimbingan dua orang pembimbing.

 

MTES891 Seminar Usulan Tesis, 2 sks

Matakuliah ini berisi kegiatan seminar usulan penelitian bidang pendidikan bahasa Arab untuk tesis. Usulan yang diseminarkan adalah proposal yang sudah disusun lengkap, yang berisi bagian pendahuluan, bagian kajian pustaka, dan bagian metode penelitian, termasuk wujud instrumen yang akan digunakan.