~Khaimah Arobiyah: Diklat Pengurus Baru HMJ Sastra Arab~

                                 Suasana pelaksanan Sidang Pleno Penetapan AD/ART HMJ Sastra Arab 2020

Malang. Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Arab mengadakan Khaimah Arobiyah (Kemah Bahasa Arab) dalam rangka pelatihan kepemimpinan, manajemen organisasi serta pengukuhan pengurus HMJ Sastra Arab masa bakti 2020. Acara yang dilaksanakan selama tiga hari (7-9/03) tersebut dilaksanakan di Villa Tlekung Batu. Diikuti oleh seluruh pengurus baru HMJ yang berjumlah sekitar 50 mahasiswa acara ini berjalan lancar dan meriah.

Dari Universitas Negeri Malang (UM) para peserta dengan menaiki bus UM menempuh perjalanan sekitar satu  setengah jam dan tiba di lokasi pada pukul 15. 00 WIB. Dilanjutkan breafing kegiatan, sholat maghrib berjamaah dan makan malam. Usai sholat Isya acara pembukaan acara dan penyampaian materi tentang Manajemen Organisasi dan kepemimpinan dilaksanakan. Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini karena selain mencatat yang disampaikan pemateri, juga banyak yang bertanya. kegiatan ini berakhir pukul 22.00 WIB.

  Ahsan Thoriq (Ketua HMJ) saat membuka acara.

Ahsan Thoriq selaku ketua HMJ Sastra Arab terpilih berharap melalui kegiatan ini, rasa solidaritas terhadap organisasi terbangun. “Terbangunnya rasa kepemilikan terhadap HMJ Sastra Arab bagi seluruh pengurus dan bangkitnya rasa semangat mengabdi bagi jurusan sastra arab” Ungkapnya.

   Suasana keseruan saat Outbond

Di hari selanjutnya para peserta dikagetkan dengan dibangunkan di tengah malam untuk mengikuti kegiatan pengukuhan pengurus baru. Dibangunkan pukul 24.00 WIB para peserta dituntut untuk memecahkan teka-teki dengan mendatangi beberapa pos. Disetiap pos ada penjaga yang beragam mulai dari Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas sastra, Dewan Mahasiswa Fakultas (DMF) FS, dan para paripurna pengurus HMJ Sastra Arab. Pengukuhan ini berakhir saat adzan subuh berkumandang. Dilanjutkan sarapan pagi dan outbond. Setelah sholat dzuhur para peserta mengikuti simulasi kepanitiaan, yaitu pembentukan panitia untuk kegiatan-kegiatan besar di HMJ, yakni: Pekan Arobi, SEMNASBAMA, dan Pekan Arobi. Acara inti yakni rapat akbar dan penetapan AD/ART HMJ dilaksanakan setelah isya. Dewan presidium sidang yang terdiri dari Presidium 1 Arya Wahyu Pratama, Presidium II Ahmad Sirojuddin Syarif, dan presidium III Iqbal Fathi Izzudin mengakhiri sidang pada pukul 00.42 WIB.

 Para Pengurus HMJ Sastra Arab 2020 bersama pembina Ust. Moh Fauzan M. Pd

Acara ini ditutup pada hari Ahad pagi, Ust. Moh Fauzan, S. Pd, M. Pd selaku pembina HMJ berharap para pengurus baru bisa memberikan contoh terhadap temannya yang lain. “Mari kita rubah Image jelek para pengurus ORMAWA, yang katanya jika aktif di HMJ kuliah lama, sekarang sudah bukan zamannya, sekarang zamannya aktif di HMJ, Berprestasi, dan lulus tepat waktu yaitu delapan semester” ujarnya. Selain itu ia juga berharap bahwa semua Proker yang sudah disepakati bisa dilaksanakan semaksimal mungkin, mengingat tahun ini diberlakukan kontrak antara HMJ dengan pihak kampus.

 

Pewarta           : Arya Wahyu Pratama –Redaksi Ebtikar