Malang, 02 Juni 2024 – Dalam rangka mengamalkan ilmu dan mengabdi kepada masyarakat, seluruh mahasiswa Departemen Sastra Arab Angkatan 2023, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (FS UM) telah menyelesaikan program pengabdian masyarakat dan bakti sosial yang disebut sebagai HAMAMAH (Khidmah Ijtima’iyyah Lil Ummah) di Desa Gondowangi Kec. Wagir Kab. Malang. Program pengabdian masyarakat ini merupakan kesempatan bagi para mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan dan berkontribusi dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat yang digagas oleh HMD Sastra Arab.

Agenda HAMAMAH yang melibatkan seluruh mahasiswa DSA Angkatan 2023 ini diantaranya adalah mengajar beberapa TPQ dan SD, penyaluran bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, penertiban administrasi masyarakat, kolaborasi dengan masyarakat pada acara Tabligh Akbar dan Bersih Desa, dan pembuatan video profil desa. Para mahasiswa ini  juga dibekali pengalaman dalam penghimpunan donasi dan pencarian donatur untuk mendukung program-program HAMAMAH.

Program HAMAMAH di Desa Gondowangi merupakan contoh nyata implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan program ini, diharapkan para mahasiswa Sastra Arab Angkatan 2023 Universitas Negeri Malang dapat menjadi agen perubahan sosial yang kompeten, berintegritas, dan memiliki kepedulian terhadap sesama.