Malang, 9 Juli 2024 – Departemen Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) kembali menyelenggarakan International Conference in Arabic Festival (Incafa) dalam rangka memeriahkan Mahrajan Arabi ke-18. Incafa tahun ini diselenggarakan secara online via Zoom Meeting dengan mengangkat tema “Empowering Language Learning in Digital Age : Exploring The Future Of Arabic Language”

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh M Zaky Arrosyidi, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Dekan 2 Fakultas Sastra UM dan Ketua Departemen Sastra Arab UM. Incafa 2024 menghadirkan 18 pemakalah yang terdiri dari pemakalah utama Prof. Dr. Hanik Mahliatus Sikkah (UM), Dr. Nur Asyiqin Utsman (Universitas Sultan Zainal Abidin Malaysia), dan Prof. Dr. Faris Badr Qodimi (Universitas Shan’a Yaman).

Seminar ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara, antara lain Irak, Mesir, Sudan, Nigeria, Malaysia, Al-Jazair, India, dan Yaman. Antusiasme peserta terlihat dari aktifnya sesi tanya jawab yang berlangsung setelah pemaparan materi.

“Melalui Incafa, diharapkan terjalin kerjasama dan kolaborasi antar akademisi dan praktisi Bahasa Arab dari berbagai negara untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman,” ujar Bapak Dr. Moh. Ahsanuddin. M.Pd selaku ketua Departemen Sastra Arab UM

setelah pemakalah utama menyampaikan gagasannya tentang pembelajaran bahasa arab di era digital, sesi selanjutnya disusul oleh seminar paralel yang diisi oleh pegiat bahasa arab baik dari kalangan dosen, guru, maupun mahasiswa. dengan adanya kegiatan Incafa 2024 diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan Bahasa Arab di Indonesia dan mempererat hubungan antar bangsa melalui bahasa arab.

Reporter : Nabilla Putri Darmawanti