DAFTAR JUDUL DAN DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

JURUSAN SASTRA ARAB, FAKULTAS SASTRA, UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)

MAHASISWA ANGKATAN 2017  (Download File)

NO NAMA NAMA PEMBIMBING JUDUL SKRIPSI KET
  1. Afifah Salsabila Prof. Drs. Muhaiban Pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Insantama
  2. Apriliyani Mar’atus Sholihah Dr. Moh. Khasairi, M.Pd Penggunaan Media Peta Konsep untuk Pembelajaran Nahwu Untuk Meningkatkan Kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab Siswa MTs Kelas VIII
  3. Ariene Afriliana Putri Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd Pemanfaatan Lagu untuk Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 1 MA
  4. Ash Soffaat Firdausi Sulistyo Dr. Kholisin, M.Hum Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kalam Siswa Kelas VII MTs
  5. Aulia Subita Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd Pengembangan  Aplikasi Android Screen Lock Adad Ma’dud untuk Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab Universita Negeri Malang
  6. Duan Dori Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab dalam Konteks untuk Siswa Kelas I Madrasah Tsanawiyah
  7. Durrotun Nafisah Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum Tasybih dan Maknanya dalam novel “Al-mahbubat” karya Alia Mamduh
  8. Faza Itsnani Hidayat Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab dalam Konteks untuk Siswa Kelas III Madrasah Aliyah
  9. Fina Ulin Nikmah Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab dalam Konteks untuk Siswa Kelas I Madrasah Aliyah
10. Finda Ania Sofianti Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab dalam Konteks untuk Siswa Kelas II Madrasah Tsanawiyah
11. Hilal Bay Ibnu Jihad Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum Analisis ‘aruudh pada Nazhm Al-Ajurruumiyyah karya Muhammad bin Ubba Al-Muzammiry
12. Khusnia Listiana Prof. Drs. Muhaiban Pemanfaatan Lagu untuk Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 2 MTs
13. Lailatul Fitriyah Prof. Drs. Muhaiban Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara (maharah  kalam) di MTs
14. Luluk Choirotul Izza Prof. Drs. Muhaiban Pemanfaatan Lagu untuk Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 3 MTs
15. Masfiatul Laili Maftukhah Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd “Penerapan Permainan Eat Bulaga dalam Pembelajaran Kosakata Arab untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas 9”
16. Miftakhurifka An-Nisa Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum Kajian Struktural terhadap Antologi 50 Cerita Anak Pengantar Tidur Karya Dr. Abdullah Muhammad Abdul Mu’tiy
17. Mochamad Abid Abdillah Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd Analisis semantik dalam buku 50 cerita pengantar tidur karya dr. Abdullah Muhammad Abdul Mu’tiy
18. Moh. Rozy Zamroni Dr. Kholisin, M.Hum ترقية كفاءة الطلبة في مهارة الكلام بأنشطة المناظرة

“meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang maharah kalam melalui kegiatan debat”

19. Muhammad Abdulloh Kafabih Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab dalam Konteks untuk Siswa Kelas III Madrasah Tsanawiyah
20. Muhammad Faqih Hadi Sutikno Dr. Irhamni, M.Pd Analisis Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UM Dalam Menggunakan Teknik Penerjemahan Teks Bahasa Arab
21. Muhammad Sulton A Prof. Drs. Muhaiban Pemanfaatan Lagu untuk Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 1 MTs.
22. Nana Nabila Wiwaha Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab dalam Konteks untuk Siswa Kelas II Madrasah Aliyah
23. Ni`Mah Fitria Ibnu Samsul Huda, S.S.,M.A. Kajian Struktural Terhadap Puisi Nizar Qabbani dalam Diwan Syi’ir “Asyhadu An La Imro’ata Illa Anti”
24. Putri Hanifah Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd Pemanfaatan Lagu untuk Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 3 MA.
25. Salis Ridayanti Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd Pemanfaatan Lagu untuk Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 2 MA.
26. Sofi Ghoniyah Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum المرأة في نظرة نزار قباني (دراسة التحليل النسوي لديوان الشعر “أشهد أن لا إمرأة إلا أنت” )
27. Taufikurrahman Laily Maziyah, S.Pd.,M.Pd Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Implementasi Model Imla’ Terhadap Cara Menulis Santri Baru PPSQ. Sholahul Huda Al-Mujahidin Tumpang
28. Ummu Inas Fauziah Latifah Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd Strategi Pembelajaran Small Group Discussion (SGD) Sebagai Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Kelas VIII di SMAIT Kyai Sekar Al-Amri, Leces-Probolinggo
29. Achmad Fauzan Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd Problematika Pengimplementasian Nagham Tilawah Pada Kegiatan Pembinaan Tilawah di UKM ASC
30. Ahmad Baihaqi Dr. Moh. Khasairi, M.Pd Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Domino Dalam Materi Al-Mihnah Untuk Mempermudah Penghafalan Kosa Kata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas X MA Al-Ittihad Poncokusumo
31. Ahmad Syarifuddin Ardiansyah Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum Analisis Ilmu Bahar dan Qafiyah Pada Diwan Imam Syafi’i
32. Diandra Ariesta Lily Effendi Al Azhim Dr. Lilik Nur Kholidah, M.Pd.I Problematika Pencapaian Kemahiran Anak Usia Dini dalam Pelafalan Huruf Hijaiyah di RTQ Al-Ghozali Tlogomas Malang
33. Hanifah Rozan Ibnu Samsul Huda, S.S.,M.A. Fashl dan Washl dalam Surat Fathir
34. Kholida Ilmia Dr. Kholisin, M.Hum دراسة عروضية في ديوان الشعر “أَشْهَدُ أَنْ لاَ امْرَأَةَ إِلاَّ أَنْتِ” لنزار قباني
Kajian Ilmu ‘Aruudh Terhadap Diwan Syi’ir “Asyhadu An Laa Imra’ata Illa Anti” Karya Nizar Qabbani
35. Mirza Aly Husaini Ali Ma’sum, S.Pd.,M.A. Problematika Pencapaian Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VII Di MTs Darul Hikmah Tulungagung
36. Mohammad Aang Khunaifi Dr. Nurhidayati, M.Pd Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Alālā di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Tambakberas Jombang
37. Mohammad Afif Fauzan Dr. Yusuf Hanafi, M.Fil.I Problematika Kepemahaman  Siswa Kelas 7 dalam Pembelajaran Bahasa Arab Metode Lagu di SMP Wahid Hasyim, Kota Malang
38. Muhammad Fakhry Ramadhani Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara (Maharah Kalam) Siswa Kelas II Madrasah Tsanawiyah
39. Muhammad Ulinnuha Al Hasani Dr. Nurhidayati, M.Pd Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis mobile learning materi _____ siswa kelas X
40. Muh. Syahri Romadhon Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd Pengembangan Media Pengenalan Huruf Arab dengan Penganalogian Benda untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an bagi Anak Tunagrahita
41. Nilna Ngazizah Dr. Ahmad Munjin Nasih, M.Ag Pengembangan Media Pembelajaran berbasis video dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas Vll Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang
42. Oktaviani Wahyuningtiyas Dr. Nurhidayati, M.Pd Pengaruh model pembelajaran tebak kata terhadap siswa dalam menghafal mufradat bahasa arab
43. Rizka Farhana Ibnu Samsul Huda, S.S.,M.A. Muhassinat Lafdziyyah  Dalam Surat Al-Muddatstsir dan  Penerapannya Dalam Pembelajaran Balaghah
44. Safinatun Naja Dr. Ahmad Munjin Nasih, M.Ag Al-Qur’an sebagai Media untuk Meningkatkan Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah
45. Siti Lailatul Isnaini Dr. Yusuf Hanafi, M.Fil.I Bimbingan Baca Al-Qur’an (BBQ) Menggunakan Buku Pedoman Praktis Bimbingan Baca Al-Qur’an (BBQ) di Universitas Negeri Malang
46. Yayil Kholisotul Makrufah Dr. Kholisin, M.Hum تحليل علم العروض و القوافي في ديوان لأبي نواس و تطبيقه في تعليم دراسة شعرية
47. Zakiyatus Solikhah Zen Dr. Kholisin, M.Hum Analisis Bachr dan Qafiyah Dalam Diwan Al-Atahiyyah Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Dirosah Syi’riyah
48. Ahmad Affan Haris Laily Maziyah, S.Pd.,M.Pd Pengembangan Media Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyyah
49. Aisyatur Radiah Dr. Muhammad Alfan, M.Pd Meningkatkan Penguasaan mufrodat dalam Pembeljaran Bahasa Arab kelas VII Mts
50. Berlianda Salsabila Mahadi Achmad Tohe, M.A.,Ph.D Kajian Pendekatan Sosiologi Sastra terhadap Syi’ir berjudul يوميات جرح فلسطينKarya Mahmoud Darwish
51. Dina Mustika Ishak Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd Analisis Ilmu Qawafi dalam Syair رمتني بسهم فلم أنتصر Karya Imru’ul Qais
52. Dinda Alfian Sukma Achmad Tohe, M.A.,Ph.D Analisis struktural pada cerpen النجم الكبير karya dr.  Zahiro El-Beli
53. Efi Nur Fitriyanti Dr. Yusuf Hanafi, M.Fil.I Analisis Ilmu Arudh dan Qawafi dalam Qasidah Bi’ainayya Dzo’nu al-Hayyi karya Imru’ al-Qais
54. Fajri Kamilaini Ummah Dr. Nurhidayati, M.Pd Efektivitas Media Flashcard dan Teknik Permainan Madzaa Af’alu (Apa Yang Aku Lakukan) Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MT.s Gandrirojo
55. Fityan Fikrut Tamam Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd Telaah Konstruktivisme dalam Kurikulum Bahasa Arab K-13
56. Imroatul Azizah Ibnu Samsul Huda, S.S.,M.A. Analisis Tasybih (Kata Perbandingan) Juz 30 dalam tafsir Al Munir
57. Irma Nur Fiani Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd Penggunaan Kartu Kelompok Mufrodat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mufrodat  Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 01 Margomulyo Blitar
58. Isro`Atul Choliliyah Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd Analisis Ilmu Qawafi Syair من أحس أهل القبور Karya Abu Atahiyah
59. Istatik Hidayatus S Ibnu Samsul Huda, S.S.,M.A Analisis Struktural pada Cerita Anak “Mamlakah Al’adl” Karya Ismail Abdul Fatah
60. Lailatul Masrichah Dr. Irhamni, M.Pd Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab
61. Masiva Nada Faidah Dr. Muhammad Alfan, M.Pd Analisis Struktural Pada Film Omar Bin Khattab
62. Meladia Aqidatul Izzah Ali Ma’sum, S.Pd.,M.A. Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Untuk Madrasah Aliyah
63. Moch. Sholachuddin Al-Ayubbi Dr. Moh. Khasairi, M.Pd Hubungan Antara Pelajaran Mahfudzod Dengan Sikap Disiplin Diri Pada Siswa-I Kelas X Ma Ma’arif Nu Assa’adah Bungah Gresik
64. Muchamad Ali Ma`Ruf Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd Kajian Struktural dalam Buku Cerita Anak “Athfaal al-Ghoobah” Karya Muhammad ‘Athiyyah al-Ibrasyi
65. Muchammad Alfan Salim Fanandi Dr. Yusuf Hanafi, M.Fil.I Studi Analisis Deskriptif Kitab Al Muqtathafatu Li Ahli Al Bidayat Dari Segi Materi
66. Nabila Dr. Nurhidayati, M.Pd Pengembangan Media Computer Assisted Language Learning (Call) Untuk Meningkatkan Kompetensi Mufrodat Dalam Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Man 1 Batu.
67. Nadia Al Husna Ibnu Samsul Huda, S.S.,M.A. Analisis Psikologi Sastra Terhadap Lima Cerita Pendek Berbahasa Arab Dalam Antologi Cerpen ندى ونضال Karya Muhammad Mosaad Yaqoot
68. Ninik Khumairoh Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd Analisis Struktural Semiotik dalam Novel “Al-Ajnihah Al-Mutakassirah” Karya Kahlil Gibran
69. Nursahidah Awalia Dr. Nurhidayati, M.Pd Penerapan Permainan Uno Stacko Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X  MAN  1 Kota  Malang.
70. Qorri’ Qurroti A’yunin Dr. Irhamni, M.Pd Pengembangan Roda Putar “Rodaku Sahabatku”  Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Peserta Didik Kelas III SD/MI
71. Sakina Zubaidi Achmad Tohe, M.A.,Ph.D Perempuan Dalam Kungkungan Budaya Patriarkhis Novel   “امرأة عند نقطة الصفر”karya Nawal el Sadawi : Kajian Feminisme
72. Sari Ailla Rosidah Dr. Ahmad Munjin Nasih, M.Ag Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas III di MI Nurul Islam Mirigambar Tulungagung
73. Siti Ainun Muliyaningsih Dr. Irhamni, M.Pd Kajian Semiotika Model Riffaterre dalam Puisi “Salluu Qolbii” Karya Ahmad Syauqi
74. Ulayya Qumil Laila Dr. Achmad Sultoni, M.Pd.I Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Melalui Metode Fun Learning Pada Siswa VII Tsanawiyah
75. Wafiqotun Ni`Mah Ali Ma’sum, S.Pd.,M.A Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Nahwu Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas Xii Ma
76. Zakiatunnisa Dr. Muhammad Alfan, M.Pd Penerapan Permainan Kartu Truth or Dare untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VII MTs 1 Kota Malang dalam mempelajari bahasa Arab
77. Zasqia Tsabita Qurrota Aini Laily Maziyah, S.Pd.,M.Pd Pengembangan Buku Mewarna sebagai Media Pembelajaran dan Alat Evaluasi untuk Pengenalan Warna dalam Bahasa Arab pada Anak Usia Prasekolah

Catatan:

  • Bagi mahasiswa yang belum mengumpulkan judul/judulnya belum disetujui oleh jurusan, dimohon segera mengumpulkan judul ke jurusan (sekjur).
  • Bagi mahasiswa yang sudah ditentukan judul dan pembimbingnya, dimohon untuk segera menemui dosen pembimbing untuk berkonsultasi.
  • Bagi mahasiswa yang judulnya mengalami perubahan setelah dikonsultasikan dengan pembimbing, maka diharapkan memberitahukan perubahan judul tersebut ke jurusan (sekjur).
  • Mahasiswa diminta segera menyiapkan draf proposal skripsi dan menkonsultasikannya kepada pembimbing untuk mendapatkan persetujuan (acc) untuk pelaksanaan seminar proposal skripsi.

Malang, 15 Mei 2020
Ketua Jurusan Sastra Arab

Dr. Hanik Mahliatussikah, M.HumNIP. 19740427 199803 2 002