SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN

Fasilitas pembelajaran yang digunakan di JSA meliputi ruang kelas (10 ruang ber-LCD Projektor dengan kapasitas 40 orang), labo­ratorium bahasa (3 ruang ber-LCD Projektor dengan kapasitas 30 orang), dan laboratorium komputer (2 ruang ber-LCD Projektor dengan kapasitas 33 orang), ruang microteaching (1 ruang ber-LCD Projektor dengan kapasitas 40 orang), ruang media pengajaran (ruang multimedia), dan self access centre (SAC). Ruang multimedia menyediakan ber­bagai macam alat bantu dan media pengajaran. Media pengajaran yang sudah tersedia antara lain: cd/vcd interaktif pem­belajaran bahasa Arab, kartu gambar, kartu kata, peta, flow chart, berbagai model, papan flanel, papan kantong, ular tangga, bigbook, monopoli dan sebagainya.

Perangkat keras penunjang yang tersedia di ruang multi media dan SAC sebagai­mana dalam tabel berikut.

 

No Nama perangkat keras Jumlah Kondisi
1. Komputer 10 unit baik
2. Laptop 20 unit baik
3. Printer 5 unit baik
4. Scanner 2 unit baik
5. Handycam 1 unit baik
6. Parabola 2 unit baik
7. VCD/DVD player 3 unit baik
8. TV 3 unit baik
9. Foto kopi 1 unit baik
10. LCD projektor 4 unit baik
11. Camera digital 2 unit baik

 

Software yang bisa dimanfaatkan meliputi CD, VCD, kaset, internet, dan parabola. Software yang ada berisi film, rekaman ceramah, dialog, cerita, lagu, berita, dan rekaman peris­tiwa dalam bahasa native speaker. Software tersebut meliputi:

 

No Nama perangkat keras Jumlah Kondisi
1. CD pembelajaran 127 keping baik
2. VCD film dan pembelajaran 162 keping baik
3. Kaset audio pembelajaran 294 keping baik
4. Kaset video film dan pembelajaran 53 keping baik

 

Media tersebut terutama digunakan untuk pengenalan, pemaham­an dan penghayatan mengenai kebudayaan masyarakat pemilik bahasa sasar­an. Di SAC mahasiswa dapat belajar secara mandiri melalui (dengan me­manfaatkan) koleksi perpustakaan/buku-buku, koleksi perpustakaan virtual/ elek­tronik, koleksi CD/VCD/kaset audio/kaset video, program-program TV Timur Tengah, website (internet). Mahasiswa juga bisa belajar kelompok deng­an memanfaatkan fasilitas tersebut. Laboratorium media dan SAC juga difungsikan untuk memproduksi media pembelajaran.

Perpustakaan di tingkat jurusan dimaksudkan untuk mengatasi keter­batasan buku-buku di perpustakaan pusat dan perpustakaan fakultas.  JSA memiliki lebih dari 2000 eksemplar buku yang sebagian besar berbahasa Arab dalam berbagai bidang, seperti bidang agama, bahasa dan sastra, pengajaran dan pendidikan, dan ilmu pengetahuan umum. Perpustakaan jurusan juga dilengkapi dengan penerbitan berkala, seperti majalah, buletin, dan koran dalam bahasa Arab.

 

Koleksi perpustakaan Jurusan Sastra Arab meliputi:

 

No Tema Buku Jumlah (eks) Kondisi
1. Pembelajaran 1603 baik
2. Kamus dan ensiklopedi 160 baik
3. Jurnal Ilmiah 108 baik
4. Majalah 176 baik
5. Skripsi 528 baik
6. Tesis dan disertasi 18 baik