Malang – Bosan dengan pembelajaran bahasa Arab yang monoton? MTs Nurul Ulum punya solusinya! Sekolah ini telah berhasil meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap bahasa Arab melalui penggunaan PowerPoint (PPT) interaktif.

Dalam penelitian terbaru, ditemukan bahwa PPT interaktif mampu membuat materi pelajaran bahasa Arab menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Fitur-fitur seperti animasi, video, dan kuis interaktif membuat siswa lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran.

“Dengan PPT interaktif, siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi juga dapat berinteraksi langsung dengan materi pelajaran,” ujar ustadzah Zahro selaku guru bahasa arab disana. “Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif.”

Meskipun demikian, masih ada beberapa kendala yang perlu diatasi, seperti keterbatasan fasilitas dan kurangnya variasi dalam penggunaan media pembelajaran. Namun, dengan dukungan dari semua pihak, penggunaan PPT interaktif diharapkan dapat terus ditingkatkan.

Kepala Sekolah MTs Nurul Ulum, M. Atha Ullah,M.Pd menyambut positif hasil penelitian ini. “Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada, termasuk PPT interaktif,” ujar guru Bahasa Arab

Penelitian yang dilakukan oleh Annisa dan Afrida menunjukkan bahwa penggunaan PPT interaktif tidak hanya meningkatkan motivasi belajar, tetapi juga membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik. Desain slide yang menarik, lengkap dengan animasi dan video, membuat materi pelajaran menjadi lebih hidup dan mudah dipahami. Beberapa siswa mengaku bahwa PPT interaktif membuatnya lebih mudah mengingat kosakata baru.

Meskipun demikian, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti keterbatasan fasilitas dan kurangnya kompetensi guru dalam membuat PPT yang efektif. Namun, sekolah terus berupaya untuk mengatasi kendala tersebut dengan mengadakan pelatihan bagi guru dan bekerja sama dengan pihak eksternal untuk mendapatkan dukungan teknis. Dengan demikian, penggunaan PPT interaktif diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di MTs Nurul Ulum.