Kamis, 12 September 2024, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Malang angkatan 2022 melaksanakan observasi di MI Ma’arif Sukun 2 sebagai bagian dari tugas kelas Produksi Multimedia. Observasi ini fokus pada penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di sekolah tersebut.

Kegiatan observasi dilakukan di kelas 5 MI dengan melibatkan enam dari total tujuh siswa. Observasi berlangsung selama dua jam pelajaran (JP) pada sesi bahasa Arab. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menilai media pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan di MI Ma’arif Sukun 2.

Selama observasi, ditemukan bahwa di kelas 5 MI Ma’arif Sukun 2, media pembelajaran interaktif seperti PowerPoint sering digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar. Selain itu, buku lembar kerja siswa (LKS) juga menjadi salah satu alat bantu dalam pembelajaran. Dalam wawancara dengan guru bahasa Arab, Bu Ifa, dan kepala sekolah, Bu Ramini, keduanya mengungkapkan bahwa penggunaan media PowerPoint dapat membuat siswa lebih aktif dan memudahkan mereka dalam menghafal kosa kata bahasa Arab.

Namun, Bu Ifa dan Bu Ramini juga mencatat beberapa kekurangan dari penggunaan media ini. Beberapa kendala yang dihadapi termasuk keterbatasan kemampuan guru dalam mengoperasikan media tersebut serta waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya. Fasilitas sekolah yang terbatas juga menjadi faktor yang membatasi penggunaan media ini, sehingga hanya bisa digunakan dalam frekuensi tertentu.

Observasi ini memberikan gambaran jelas tentang efektivitas dan tantangan penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di MI Ma’arif Sukun 2, serta memberi wawasan bagi pengembangan metode pembelajaran di masa depan.