Malang, 7 September 2024 – Peneliti dari Universitas Negeri Malang (UM), Qotrunnada Salsabila, berhasil mengembangkan sebuah inovasi media pembelajaran berbasis animasi Swishmax-4 yang dirancang khusus untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab bagi siswa kelas 1-3 SD. Penelitian ini dilakukan di bawah bimbingan Dr. Moch. Wahib Dariyadi dan Dra. Nur Anisah Ridwan, dengan fokus pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 4 Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation), dan menghasilkan produk berupa Animasi Interaktif. Media pembelajaran ini dirancang agar interaktif dan menyenangkan, dengan visual dan audio yang menarik bagi siswa usia SD. Produk ini mencakup tiga tema utama, yaitu Keluargaku untuk kelas 1, Rumahku untuk kelas 2, dan Nama-Nama Hewan untuk kelas 3. Setiap tema dilengkapi dengan animasi interaktif, kumpulan kosakata baru, serta kuis dan tes untuk mengukur pencapaian siswa.

Keunggulan utama dari media ini adalah sifatnya yang interaktif dan fleksibel. Siswa dapat aktif selama proses pembelajaran dan dapat mengulang materi sesuai kebutuhan tanpa batasan waktu atau tempat.

Implementasi animasi interaktif ini diujicobakan pada 13 siswa kelas III dan memperoleh hasil yang sangat baik. Validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan tingkat validitas yang tinggi, dengan skor 86,7% untuk validitas media dan 94,7% untuk validitas materi. Selain itu, respon dari siswa dan guru juga sangat positif, dengan skor 99% dari siswa dan 96% dari guru, menunjukkan media ini masuk dalam kategori sangat baik.

“Multimedia interaktif berbasis animasi Swishmax-4 ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab dan membuat siswa lebih termotivasi dalam mempelajari bahasa Arab,” ungkap Qotrunnada Salsabila. Selain itu, guru yang turut serta dalam penelitian ini juga menyatakan bahwa “media ini membuat suasana belajar lebih menyenangkan dan membuat siswa lebih aktif serta antusias mengikuti pelajaran.”

Dengan hasil yang memuaskan ini, diharapkan multimedia interaktif berbasis animasi Swishmax-4 dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam melatih penguasaan kosakata bagi siswa tingkat dasar. Keberhasilan ini juga memotivasi Qotrunnada Salsabila untuk terus mengembangkan media pembelajaran lain dan memberikan kontribusi lebih lanjut bagi dunia pendidikan, khususnya dalam pengajaran bahasa Arab di tingkat SD.