Malang, 14 Agustus 2024 – Penelitian terbaru yang dilakukan di Universitas Negeri Malang (UM) oleh Damateja Andika Daniswara, di bawah bimbingan Dr. Muhammad Alfan, telah memberikan wawasan mendalam tentang pengaruh penggunaan media digital dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode Systematic Literature Review (SLR) dan bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pemetaan penelitian-penelitian terkait penggunaan media digital dalam pembelajaran bahasa Arab.
Penelitian ini mengikuti panduan Preferred Reporting Issues for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) dan menggunakan alat bantu Publish or Perish (PoP) dalam penelusuran literatur. Sumber literatur diambil dari artikel jurnal dan prosiding yang terindeks di Scopus, SINTA nasional, PubMed, dan Google Scholar, dengan menggunakan kata kunci seperti “media digital dalam pembelajaran Bahasa Arab,” “pengaruh media digital dalam pembelajaran Bahasa Arab,” dan “analisis pengaruh media digital dalam pembelajaran Bahasa Arab.”
Dari penelusuran yang dilakukan, ditemukan 205 artikel jurnal yang diterbitkan antara tahun 2018 hingga 2023. Artikel-artikel ini kemudian diseleksi berdasarkan kategori duplikasi, kategori literatur non-jurnal, dan dilakukan screening berdasarkan beberapa kriteria, yaitu: (1) penelitian yang dilakukan di Indonesia; (2) penelitian yang dilaksanakan langsung di lapangan dengan pendekatan kualitatif, kuantitatif, atau research and development; dan (3) artikel yang membahas pengaruh media digital dalam proses pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Setelah proses seleksi, terpilih 35 artikel yang dianalisis lebih lanjut dalam penelitian ini.
Damateja Andika Daniswara menyatakan bahwa penelitian ini diharapkan dapat membawa pembaruan dalam studi terkait media digital, dengan fokus yang lebih luas tidak hanya pada motivasi siswa tetapi juga pada berbagai aspek lainnya dalam pembelajaran. “Dengan penelitian yang telah saya lakukan, diharapkan ada pembaruan dalam penelitian mengenai digital media, tidak hanya berfokus pada motivasi siswa dalam pembelajaran,” ungkapnya.
Penggunaan media digital dalam pembelajaran bahasa Arab menawarkan peluang besar untuk merevolusi metode pengajaran, meningkatkan keterlibatan siswa, dan menyediakan akses ke berbagai sumber daya pembelajaran. Dengan memanfaatkan peluang ini serta mengatasi hambatan yang ada, pendidik dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan mampu memperdalam pemahaman serta apresiasi siswa terhadap bahasa Arab.
Damateja Andika Daniswara berkomitmen untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi pada kemajuan dunia pendidikan, khususnya dalam pengembangan media pembelajaran bahasa Arab di Indonesia.